Dampak Catcalling terhadap Objektivitas Diri dan Citra Tubuh Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar

Nurul Auliya Amin(1*), A. Octamaya Tenri Awaru(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Dampak catcalling terhadap objektivitas diri mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar. 2) Dampak catcalling terhadap citra tubuh mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar. Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling, dengan kriteria mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. 1) Dampak catcalling terhadap objektivitas diri mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar pada komponen perseptualnya timbulnya perasaan malu, cemas, kehilangan motivasi, tidak peka, dan terjadi perubahan penampilan terhadap diri dan atribut yang melekat pada korban yang di objektifikasi. 2) Dampak catcalling terhadap citra tubuh mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar bahwa mahasiswi takut dengan stimulus, pandangan serta komentar yang diberikan orang lain kepada dirinya, takut di anggap sebagai wanita yang kurang baik dan di cap negatif sebab mengundang perhatian lawan jenis. Pada komponen sikapnya sebagian besar mahasiswi memiliki penilaian yang positif terhadap tubuh yang di persepsinya.

Keywords


Catcalling; Objektivitas Diri; Citra Tubuh

Full Text:

PDF PDF

References


Abdullah, A. R., & Awaru, A. O. T. (n.d.). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PENGETAHUAN SEKS SISWA SMA NEGERI 10 MAKASSAR. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 13–18.

Arifing, A. D. (2021). Self Confidence Mahasiswa dalam Berinteraksi dengan Dosen (Analisis Sikap Kurang Percaya Diri Terhadap Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam). IAIN Parepare.

Djubaedah, N. (2011). Undang-Undang nomor 44 tahun 2008 Tentang Pornografi: perspektif negara hukum berdasarkan Pancasila. Sinar Grafika.

FATHIYYA, L. A. (2022). Persepsi Remaja pada Tindakan Catcalling. Universitas Jenderal Soedirman.

Fredrickson, B. L., & Roberts, T. (1997). Objectification theory: Toward understanding women’s lived experiences and mental health risks. Psychology of Women Quarterly, 21(2), 173–206.

Hasni, H., & Awaru, A. O. T. (2019). Pendidikan seksual remaja pada keluarga Bugis di Kabupaten Sinjai. Seminar Nasional LP2M UNM.

Kurnianingsih, S. (2003). Pelecehan seksual terhadap perempuan di tempat kerja. Buletin Psikologi, 11(2).

Kurniawati, H. (2013). HUBUNGAN OBJEKTIFIKASI DIRI, KECEMASAN SOSIAL FISIK DAN BODY DISSATISFACTION PADA PEREMPUAN DEWASA AWAL. Universitas Pelita Harapan Surabaya-Faculty Of Psychology-Department Of ….

Purwanti, B. D. (2019.). kendaraan umum.

Restian, A. (2020). Psikologi Pendidikan Teori Dan Aplikasi. UMMPress.

Sa’diyah, H. (2015). Pengaruh citra tubuh terhadap penyesuaian diri siswa-siswi kelas VII-VIII SMP NU Syamsuddin Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sukma, D. (2011). Penilaian Siswa Terhadap Tubuhnya (Body Esteem) Serta Peranan Guru Pembimbing.

Syah, R., & Hermawati, I. (2018). Upaya pencegahan kasus cyberbullying bagi remaja pengguna media sosial di Indonesia. Jurnal Penelitian Kesejahteraan Sosial, 17(2), 131–146.

Wahyuni, W., & Marettih, A. K. E. (2012). Hubungan Citra Tubuh Dengan Identitas Diri Pada Remaja Dengan Disabilitas Fisik. Jurnal Psikologi, 8(1), 62–66.

Yanti, F. (2017). Hubungan antara Citra Tubuh dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Putri. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 568 times | PDF view : 0 times PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Auliya Amin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.