MEKANISTIK PENILAIAN PEMBELAJARAN KELAS PERAHU DI WILAYAH PESISIR KABUPATEN PANGKEP

Febryanti Febryanti(1*), Supriadi Torro(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bentuk pelaksanaan penilaian guru pada kelas perahu di Kabupaten Pangkep, 2) Faktor yang menjadi kendala dalam melaksanakan penilaian pada kelas perahu. Jenis penelitian ini merupakan  penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 5 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu guru yang mengajar dikelas perahu, dan guru yang berusia 25-60 tahun. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check yaitu setelah melakukan wawancara, penulis mencocokan kembali kepada informan untuk memastikan jawaban yang telah diberikan yang sudah dianggap akurat. Teknik analisis data adalah melaui kondensasi data, penyejian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan penilaian guru pada kelas perahu dilakukan dengan dua bentuk, yaitu : a) penilaian reguler/penilaian langsung, b) penilaian dalam pemberian LKS, 2) kendala guru dalam melaksanakan penilaian pada siswa kelas perahu yaitu: a) keterbatasan waktu, b)kurangnya pemahaman siswa, c)keterbatasan instrumen, d) fasilitas.guru dan sekolah yang berbatas.


Keywords


Penilaian; kelas perahu; kendala

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Febryanti Febryanti, Supriadi Torro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.