PERANAN OSIS DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 3 BARRU

Yusmuliadi Yusmuliadi(1*), Andi Agustang(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan OSIS dalam membentuk karakter peduli sosial siswa di SMA Negeri 3 Barru dan untuk mengetahui hambatan OSIS dalam membentuk karakter peduli sosial siswa di SMA Negeri 3 Barru. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 18 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, pembina OSIS, pengurus aktif OSIS dan siswa yang bukan pengurus OSIS. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif tipe deskriptif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan OSIS dalam membentuk karakter peduli sosial siswa di SMA Negeri 3 Barru yaitu dengan membuat dan melaksanakan program kerja berbasis kegiatan sosial, menggerakkan atau memotivasi siswa pada kegiatan sosial, dan mencegah terjadinya penyimpangan di sekolah. Hambatan OSIS dalam membentuk karakter peduli sosial siswa di SMA Negeri 3 Barru yaitu kurangnya kesadaran sosial siswa, egoisme etis siswa, pengaruh lingkungan luar sekolah, dan kondisi ekonomi siswa.

 


Keywords


Peranan OSIS; karakter; peduli sosial

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Pembinaan Kesiswaan, Pub. L. No. 39 (2008).

Ningsih, T. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter (A. W. B.S. & A. Hidayat (eds.)). STAIN Press.

Nurlailah, N., & Awaru, A. O. T. (2018). Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sma Negeri 1 Bissappu Kabupaten Bantaeng. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 102–107.

Nursanti, D. (2013). Peranan Organisasi Siswa Intra Sekolah dalam membentuk karakter siswa SMP Negeri di Kabupaten Magelang. UNY.

Qamar, N., & Salle. (2009). Etika dan Moral Profesi Hukum. CV. Social Politic Genius.

Rafiqah, L. (2018). Pendekatan Struktural Fungsional terhadap Hukum Islam di Indonesia. Jurnal Al Himayah, 2(2), 205–216.

Rohmah, N. (2018). Integrasi kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosi (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) dalam meningkatkan etos kerja. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 77–102.

Rosita, L. (2018). Peran pendidikan berbasis karakter dalam pencapaian tujuan pembelajaran di sekolah. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM, 8.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.

Solehudin, M. (2018). Peran Guru Pai Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) Siswa Smk Komputama Majenang. Jurnal Tawadhu, 2(1), 303–325.

Supriatna, M. (2010). Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler. Universitas Negeri Bandung.

Tutuk, N. (2015). Implementasi pendidikan karakter.

Yaumi, M. (2014). Landasan, Pilar, dan Implementasi. Kencana Prenada media.


Article Metrics

Abstract view : 363 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yusmuliadi Yusmuliadi, Andi Agustang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.