KONTRIBUSI KOMITE SEKOLAH TERHADAP PENGEMBANGAN SEKOLAH DI SMA NEGERI 7 GOWA

Nurwinda Sari(1*), Supriadi Torro(2),

(1) Universitas Negeri makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kontribusi  Komite Sekolah Terhadap Pengembangan Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Gowa dan 2) Faktor Penghambat Komite TerhadapPengembangan Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Gowa. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tipe deskriftif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 7 orang yang ditentukan melalui tekhnik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu pengurus inti komite sekolah, kepala sekolah, orantua  siswa atau wali siswa. Data dikumpulkan melalui  wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data dengan kondensasi, penyajian dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) kontribusi komite sekolah terhadap pengembangan sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Gowa dapat dilihat; 1) Memberikan nasehat  kepada kepala sekolah, guru  dan siswa dalam mengikuti peraturan sekolah;  2) Memberikan dukungan terhadap pengembangan sekolah baik dalam bentuk pikiran, tenaga dan Materil, memalui pembangunan mushallah sekolah 3) Memberikan pengawasan melalui penggunaan dana BOS dan juga terhadap pembangunan gedung  sekolah  dan 4) Sebagai mediator atau menjembatani permasalahan antara sekolah dengan masyarakat. Dan b) faktor penghambat komite sekolah terhadap pengembangan sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Gowa yakni: 1) Kurang pedulinya kepala sekolah terhadap saran yang diberikan oleh Komite Sekolah terhadap pengembangan Sekolah SMA Negeri 7 Gowa. 2) Kendala waktu komite sekolah dalam memberikan pengawasan terhadap pengembangan sekolah SMA Negeri 7 Gowa.


Keywords


Komite sekolah; Pengembangan Sekolah

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2019). Implementasi Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru di SMA Negeri 5 Selayar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Amri, F., & Sahuri, C. (2016). Peran Komite Sekolah dalam Pengawasan Program Bantuan Operasional Sekolah di SMP Negeri 05 Rupat Kabupaten Bengkalis. Riau University.

Anugra, A. (2018). Analisis Tugas Kepala Sekolah Dalam Pengawasan Dan Pembinaan Bimbingan Dan Konseling Di Sma Muhammadiyah 09 Aekkanopan. Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan.

Apriani, E. (2016). A New Literacy: The role of technology to develop student’s character. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 21(1), 59–72.

Astuti, M. (2013). Implementasi Program Fullday School Sebagai Usaha Mendorong Perkembangan Sosial Peserta Didik TK Unggulan Al-Ya’lu Kota Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2).

Deviyanti, S. (2019). Partisipasi Komite Sekolah dalam penyelenggaraan Pendidikan di SMA Negeri 11 Maros. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Fauziah, H. (n.d.). Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 3 Cisauk. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hasbullah, H., & Soomro, I. A. (2010). Denial of service (DOS) attack and its possible solutions in VANET. International Journal of Electronics and Communication Engineering, 4(5), 813–817.

Maryam, D. (2021). Strategi Pembelajaran Dan Evaluasi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Giriloyo I Bantul.

Megiati, Y. E. (2016). Pemberdayaan Komite Sekolah: Kajian Konsep dan Implementasinya. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).

Nugraha, F. A. (2019). Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pengelolaan Pendidikan (Studi Kasus Di Smp Negeri 1 Sukorejo Ponorogo). IAIN Ponorogo.

Rizky, A. (2019). Komunikasi antar Umat Beragama dalam perspektif Teori Agil Talcott Parsons di Sidoarjo. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Torro, S. (2013). Kelompok Strategis dalam Masyarakat. Cetakan Ke-1. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Zahroh, F., & PANGESTUTI, I. R. D. (2014). Menguji Tingkat Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan Pribadi, dan Perilaku Keuangan Pribadi Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Semester 3 dan Semester 7. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Zidni, R. (2021). SUPERVISI MANAJERIAL PADA KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DI LINGKUNGAN KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANYUMAS. IAIN Purwokerto.


Article Metrics

Abstract view : 106 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurwinda Sari, Supriadi Torro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.