STUDI KOMPARATIF TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA KELAS X DAN XI DI SMAN 12 MAKASSAR

Pratiwi Nur(1*), A. Octamaya Tenri Awaru(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kedisiplinan siswa antara siswa kelas X dan siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 742 siswa, kemudian ditarik sampel sebanyak masing masing 37 siswa kelas X dan 37 siswa kelas XI dengan menggunakan teknik sampling acak sederhana (Random sampling). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji T dengan menggunakan program aplikasi SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan pada siswa kelas X dan siswa kelas XI diperoleh nilai thit 6,343 dan ttab 2,028 maka h1 diterima berarti ada perbedaan tingkat kedisiplinan siswa kelas X dan siswa kelas XI. Dari hasil analisis deskriptif, frekuensi kedisiplinan pada siswa dilihat pada indikator disiplin dalam peraturan baik lisan maupun tulisan menunjukkan siswa kelas X sebesar 90% dapat dikatakan baik dan siswa kelas XI sebesar 76% dapat dikatakan baik. Indikator disiplin dalam proses belajar mengajar menunjukkan siswa kelas X sebesar 85,3% dapat dikatakan baik dan siswa kelas XI sebesar 66,7% dapat dikatakan cukup baik. Indikator disiplin dalam menjaga dan menggunakan fasilitas sekolah menunjukkan siswa kelas X sebesar 88,7% dapat dikatakan baik dan siswa kelas XI sebesar 71,1% dapat dikatakan cukup baik.


Keywords


Kedisiplinan; Siswa

Full Text:

PDF

References


Abdulatif, S., & Dewi, D. A. (2021). Peranan pendidikan kewarganegaraan dalam membina sikap toleransi antar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 103–109.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi II, Jakarta: Bumi Aksara,(2006). Prosedur Penelitian.

Awaru, A. O. T. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 221–230.

Bungin, B. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya.

Endang, E. (2015). Studi komparasi kedisiplinan shalat lima waktu antara siswa yang berlatar belakang MTṡ dan SMP kelas XI program keahlian busana butik di SMK YPPM (Yayasan Pembinaan Pembangunan Masyarakat) Boja Kendal tahun ajaran 2015/2016. UIN Walisongo.

Hidayatullah, M. F., & Rohmadi, M. (2010). Pendidikan karakter: membangun peradaban bangsa. Yuma Pustaka.

Hurlock, E. B. (1993). Psikologi perkembangan anak jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Indrawan, R., & Yaniawati, R. P. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, Dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, Dan Pendidikan, Bandung: Penerbit PT Refika Aditama.

Minarti, S. (2011). Manajemen sekolah: mengelola lembaga pendidikan secara mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, H. E. (2016). Manajemen pendidikan karakter.

Musfah, J. (2015). Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Kencana.

Pidarta, M. (1995). Peranan kepala sekolah pada pendidikan dasar. PT Grasindo.

Purwati, N. (2017). HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU, RIWAYAT PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DAN POLA PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DENGAN STATUS GIZI BAYI (USIA 7-24 BULAN) DI PUSKESMAS SUKMAJAYA DEPOK TAHUN 2017. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Puspaningrum, R. R. (2015). Peningkatan pembelajaran IPS melalui media buklet pada siswa kelas V di SDN Sumber 02 Kabupaten Malang. Peningkatan Pembelajaran IPS Melalui Media Buklet Pada Siswa Kelas V Di SDN Sumber 02 Kabupaten Malang/Rezita Rahma Puspaningrum.

Schaefer, C. (1994). Cara Efektif Mendidik Anak dan Mendisiplinkan Anak, terj. Turman Sirait. Jakarta: Mitra Utama.

Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan perhitungan manual & SPSS.

Wirawan, D. R. I. B. (2012). Teori-teori Sosial dalam Tiga Paradigma: fakta sosial, definisi sosial, dan perilaku sosial. Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 259 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pratiwi Nur, A. Octamaya Tenri Awaru

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.