DAMPAK DAKWAH DI MEDIA SOSIAL STUDI PADA PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA KOMUNITAS AL-FURQON FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Faizah Zahra Safitri(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dakwah di media sosial pada perilaku keagamaan mahasiswa komunitas Al-Furqon. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 8 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu mahasiswa komunitas Al-Furqon UNM, mahasiswa komunitas Al-Furqon (pengurus dan demisioner), mahasiswa komunitas Al-Furqon angkatan 2016-2017, mahasiswa komunitas Al-Furqon yang memiliki media sosial (Whatshapp, facebook, instagram), mahasiswa komunitas Al-Furqon yang aktif pada media sosial (whatshapp, facebook, instagram). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, model data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dampak positif dakwah dimedia sosial pada perilaku keagamaan mahasiswa komunitas Al-furqon yaitu: a) perilaku terhadap tuhan. Dalam hal ini lebih disiplin dalam beribadah dan konsisten dalam beribadah, b) Perilaku terhadap diri sendiri yakni intens berdakwah dan bersosialisasi c) perilaku terhadap sesama manusia. Dalam hal ini semakin kurang penyimpangan bersosialisasi. Dampak negatif dakwah di media sosial pada perilaku keagamaan mahasiswa komunitas Al-Furqon yaitu: a) perilaku terhadap tuhan. Media sosial tidak memiliki seleksi atau filter kepada informan. b) perilaku terhadap diri sendiri. berupa keterbatasan informasi atau ilmu. c) perilaku terhadap sesama berupa, bersifat ekslusif.


Keywords


Dakwah; Media sosial; Mahasiswa komunitas Al-Furqon

Full Text:

PDF

References


Awaru, A. O. T., Salam, R., Torro, S., & Suhaeb, F. W. (2021). The Islamization of the Social Sciences: A Review. GNOSI: An Interdisciplinary Journal of Human Theory and Praxis, 4(3), 24–41.

Deslima, Y. D. (2018). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Dakwah bagi Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Fajrin, A. A. T. (2017). Tindakan Sosial Pedagang Angkringan dalam Penerapan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di Surabaya. Komunitas, 6(1), 23–41.

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Romli, A. S. M. (2018). Jurnalistik Online: Panduan mengelola media online. Nuansa Cendekia.

Safitri, F. Z. (2021). DAMPAK DAKWAH DI MEDIA SOSIAL (STUDI PADA PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA KOMUNITAS AL-FURQON FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR). UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Sanapiah, F. S. (1999). Format Penelitian Sosial. Bandung: Raja Grafindo.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan jenis, metode dan prosedur. Jakarta: Kencana.

Sarina, S., & Awaru, A. O. T. (2019). PENGARUH INTERNET ADDICTION TERHADAP MINAT BACA BUKU MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 87–92.

Sidiq, A. (2017). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah (Study Akun@ fuadbakh). UIN Raden Intan Lampung.

Sugiyono, M. P. P., & Kuantitatif, P. (2009). Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Cet. Vii.

Tajiri, H. (2020). BELAJAR KEPADA SOSOK DA’I KHARISMATIK Bagaimana menjadi Pendakwah yang Baik dalam Kepribadian, Keahlian Komunikasi Efektif dan Konteks Situasi. Jurusan Manajemen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Torro, S. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Homeschooling Di Kota Makassar. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Tosepu, Y. A. (2018). Media Baru Dalam Komunikasi Politik (Komunikasi Politik di Dunia Virtual). Surabaya. CV Jakad.

Zaini, A. (2013). Dakwah Melalui Mimbar Dan Khitabah. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 1(2), 76.


Article Metrics

Abstract view : 203 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Faizah Zahra Safitri, M. Ridwan Said Ahmad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.