Kontribusi Program Sekolah Ramah Anak Untuk Meningkatkan Moralitas Siswa Di SMP Negeri 6 Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) niversitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran pelaksanaan program
sekolah ramah anak untuk meningkatkan moralitas siswa di SMP Negeri 6
Makassar dan 2) faktor penghambat pelaksanaan sekolah ramah anak untuk
meningkatkan moralitas siswa di SMP Negeri 6 Makassar. Jenis penelitian ini
adalah penelitia kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam
penelitian ini sebanyak 12 orang yang ditentukan melalui teknik sampling tujuan
dengan kriteria guru yang pernah mengikuti program sekolah ramah
anak dan guru yang tidak pernah mengikuti pelatihan sekolah ramah anak. Teknik
pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data
dilakukan dengan menggunakan member check. Teknik analisis data yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bagaimana pelaksanaan program sekolah
ramah anak untuk meningkatkan moralitas siswa di SMP Negeri 6 Makassar
adalah a) sosialisasi menanamkan karakter disiplin, b) mengutamakan
kepentingan umum c. membentuk karakter tanggung jawab. 2) faktor penghambat
kebijakan sekolah ramah anak untuk meningkatkan moralitas siswa
di SMP Negeri 6 Makassar yaitu; a) Faktor sarana dan prasarana, b) faktor
lingkungan atau sosial, c) kurangnya kekompakan guru, d) lemahnya partisipasi
komite sekolah, e) belum meratanya pelatihan sekolah ramah anak untuk guru.
Keywords
Article Metrics
Abstract view : 63 times | PDF view : 0 times PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sri Wahyuni Alwi Rajab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.