Kontribusi Program Sekolah Ramah Anak Untuk Meningkatkan Moralitas Siswa Di SMP Negeri 6 Makassar

Sri Wahyuni Alwi Rajab(1*), Supriadi Torro(2), Zainal Arifin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) niversitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran pelaksanaan program
sekolah ramah anak untuk meningkatkan moralitas siswa di SMP Negeri 6
Makassar dan 2) faktor penghambat pelaksanaan sekolah ramah anak untuk
meningkatkan moralitas siswa di SMP Negeri 6 Makassar. Jenis penelitian ini
adalah penelitia kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam
penelitian ini sebanyak 12 orang yang ditentukan melalui teknik sampling tujuan
dengan kriteria guru yang pernah mengikuti program sekolah ramah
anak dan guru yang tidak pernah mengikuti pelatihan sekolah ramah anak. Teknik
pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data
dilakukan dengan menggunakan member check. Teknik analisis data yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bagaimana pelaksanaan program sekolah
ramah anak untuk meningkatkan moralitas siswa di SMP Negeri 6 Makassar
adalah a) sosialisasi menanamkan karakter disiplin, b) mengutamakan
kepentingan umum c. membentuk karakter tanggung jawab. 2) faktor penghambat
kebijakan sekolah ramah anak untuk meningkatkan moralitas siswa
di SMP Negeri 6 Makassar yaitu; a) Faktor sarana dan prasarana, b) faktor
lingkungan atau sosial, c) kurangnya kekompakan guru, d) lemahnya partisipasi
komite sekolah, e) belum meratanya pelatihan sekolah ramah anak untuk guru.

 


Keywords


Sekolah ramah anak; moralitas

Full Text:

PDF PDF

Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 0 times PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sri Wahyuni Alwi Rajab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.