MOTIVASI DAN DAMPAK HIJRAH DIKALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Erni S(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Motivasi Hijrah Dikalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar, 2) Dampak Hijrah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar Dalam Interaksinya Dengan Mahasiswa Lain. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 11 orang yang ditentukan dengan pengumpulan data Snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Motivasi Hijrah Dikalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar yakni; a. Dorongan dalam diri sendiri; b. Dorongan dari lingkungan keluarga; c. Dorongan dari lingkungan pertemanan yang sudah berhijrah, d. Dorongan dari lingkungan lembaga dakwah fakultas dan Dorongan dari lembaga dakwah luar kampus dan; e. Dorongan dari media sosial. 2. Dampak Hijrah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Universitas Negeri Makassar Dalam Interaksinya Dengan Mahasiswa Lain yakni; a. Dampak positif yakni; 1) interaksi kepada orangtua menjadi lebih baik dan sopan; 2) lebih menjaga interaksi dengan lawan jenis; 3) menjadi lebih sopan berbicara dengan teman dan orang lain; 4) lebih giat menunaikan ibadah wajib dan sunnah dan; 5) merasa lebih senang dan nyaman. b. Dampak negatif yakni; 1) teman yang tidak sepahaman mulai menjauh; 2) Dianggap Fanatik oleh masyarakat.

Keywords


Motivasi Hijrah; Dampak Hijrah; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Amna, A. (2019). Hijrah artis sebagai komodifikasi agama. Jurnal Sosiologi Reflektif, 13(2), 331–350.

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data.

Awaru, A. O. T. (2017). PINDAH AGAMA (STUDI DI KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR). Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 2(2).

Hardianti, H., & Syukur, M. (2017). UPAYA LEMBAGA DAKWAH FAKULTAS DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN KEAGAMAAN MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL). Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 83–90.

Irmansyah, I. (2020). Pemuda Hijrah: Antara Pietization Dengan Lifestyle Pada Komunitas Hijrah Yuk Ngaji Yogyakarta. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(1), 46–56.

Ma’ruf, A., & Syukur, M. (n.d.). SOLIDARITAS SOSIAL DI DALAM LEMBAGA KEMAHASISWAAN HMPS PENDIDIKAN SOSIOLOGI FIS UNM PERIODE 2016-2017. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 14–17.

Mulyana, Y. (2020). Peran Sumber Daya Manusia (SDM)/Generasi Muda Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0. Prismakom, 16(1), 36–46.

MZ, A. P., & Awaru, A. O. T. (n.d.). PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN RUMPUN IPS DI SMA NEGERI 11 PANGKEP. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1–5.

Nugraha, R. H., Parhan, M., & Aghnia, A. (2020). Motivasi Hijrah Milenial Muslim Perkotaan Melalui Dakwah Digital. MUHARRIK: Jurnal Dakwah Dan Sosial, 3(02), 175–194.

Press, Q. (2016). Fikih Sosial: Tuntunan dan Etika Hidup Bermasyarakat. Qisthi Press.

Prihartanta, W. (2015). Teori-teori motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1–14.

Rosmaini, R., & Tanjung, H. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 1–15.

Setiawan, E., Desiana, F. I., Wulandari, W., & Salsabila, I. (2017). Makna hijrah pada mahasiswa Fikom Unisba di komunitas (“Followers’) akun’LINE@ DakwahIslam.” Mediator Fikom Unisba, 1.

Syukur, M. (2018). Dasar-Dasar Teori Sosiologi. Rajawali Pers.

Wahab, S. A. (2021). Analisis kebijakan: dari formulasi ke penyusunan model-model implementasi kebijakan publik. Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 113 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Erni S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.