Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Holistik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMA Kabupaten Sinjai

Muh. Khusnul Khuluq(1*), A. Octamaya Tenri Awaru(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran holistik dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMA Kabupaten Sinjai. Penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik nonprobability sampling dengan menggunakan teknik sampling jenuh, di mana semua anggota populasi dijadikan sampel, karena jumlah populasinya tidak lebih besar dari 100 orang responden, maka penulis mengambil 100% jumlah populasi sebanyak 25 orang responden, pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian adalah guru IPS di SMA Kabupaten Sinjai yang menemukan 25 orang Guru. Sedangkan sampelnya berjumlah 25 responden, adapun model analisis yang digunakan dalam penelitian adalah model analisis linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan pembelajaran holistik, tranformatif, dan fleksibel dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMA Kabupaten Sinjai. Hal ini dilihat dari hasil uji simultan yang hasilnya menunjukkan nilai F hitung yang sebesar 7,884 dengan signifikansi 0,001 yang lebih kecil dari 0,05 yang berarti mendekati pembelajaran holistik, transformatif, dan fleksibel secara simultan mempengaruhi minat belajar siswa. 

Keywords


Pendekatan; pembelajaran holistik; transformatif; Minat Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 115 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muh Khusnul Khuluq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.