Peran Komite Sekolah Terhadap Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak di SMPN 2 Parepare.

Ridha Agam Ramadhan(1*), Supriadi Torro(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peran komite terhadap pelaksanaan
sekolah ramah anak di SMPN 2 Parepare, 2) Faktor penghambat pelaksanaan sekolah ramah anak di SMPN 2 Parepare. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan pada penelitian sebanyak 6 orang yang berstatus sebagai pengurus komite sekolah SMPN 2 Parepare dan ditentukan melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran komite sekolah terhadap pelaksanaan sekolah ramah anak di SMPN 2 Parepare terdiri dari peran komite sekolah sebagai pemberi pertimbangan yang efektif dalam pembahasan dan perumusan aturan, kebijakan dan program sekolah ramah anak,
pelaksanaan sebagai kebijakan pengawas dan kebijakan sekolah ramah anak, dan peran komite sekolah sebagai penghubung antara sekolah dengan wali murid, pemerintah dan organisasi lainnya. 2) Faktor penghambat komite SMPN 2 Parepare yaitu rendahnya kesadaran dan partisipasi wali murid, kurangnya keterlibatan masyarakat umum dalam penyelenggaraan pendidikan, keterbatasan internal komite dalam memberikan dukungan finansial, dan kurangnya keaktifan beberapa anggota komite. 

 


Keywords


Peran; komite sekolah; sekolah ramah anak

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 136 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ridha Agam Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.