Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Dari Rumah Saat Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 2 Bantaeng

Nita Halim(1*), Supriadi Torro(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peran guru dalam
pembelajaran dari rumah saat pandemi covid-19 di SMAN 2 Bantaeng dan 2)
faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan proses pembelajaran dari rumah
saat pandemi covid-19 di SMAN 2 Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yang
ditentukan melalui teknik sampling purpose dengan kriteria guru yang
menggunakan lebih dari dua aplikasi. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara
dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan
member chek. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peran guru dalam proses
pembelajaran dari rumah saat pandemi covid-19 di SMAN 2 Bantaeng adalah
sebagai motivator, sebagai fasilitator, sebagai transformasi, dan sebagai adaptasi.
2) faktor pendorong pembelajaran dari rumah saat pandemi covid-19
di SMAN 2 Bantaeng yaitu a) adanya bantuan kuota, b) adanya buku pegangan,
dan c) peningkatan kompetensi guru. Sedangkan faktor penghambat
yaitu a) akses jaringan internet yang kurang baik, b) tidak semua memiliki
perangkat (handphone android), dan c) kurangnya pengalaman guru terhadap
pembelajaran dari rumah.


Keywords


Peranan guru; pembelajaran daring; covid 19

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nita Halim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.