PRESENTASI DIRI SECARA ONLINE PADA GURU PENGGUNA TIKTOK DI SMA NEGERI 8 BONE

Andi Irmawati(1*), A. Octamaya Tenri Awaru(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui:  1)  Faktor  pendorong  guru memilih aplikasi tiktok sebagai alat untuk mempresentasikan diri secara online di SMA Negeri 8 Bone. 2) Dampak yang dirasakan oleh guru setelah menggunakan aplikasi tiktok di SMA Negeri 8 Bone. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria guru pengguna tiktok di SMA Negeri 8 Bone. Jumlah informan sebanyak 7 orang guru pengguna tiktok. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi.   Data   yang   diperoleh   dalam   penelitian   ini   dianalisis   dengan menggunakan   analisis   desktiptif   kualitatif   dengan   tahapan   mereduksi   data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Faktor pendorong guru memilih aplikasi tiktok sebagai alat untuk mengaktualisasikan diri secara online terdiri dari faktor internal yakni rasa ingin tahu dan penghilang kejenuhan sedangkan faktor eksternal yakni mengikuti trend dan ingin terkenal. 2) Dampak yang dirasakan oleh guru setelah menggunakan  aplikasi  tiktok  terdiri  dari  dampak positif  yakni  lebih kreatif dan sebagai media hiburan sedangkan dampak negatif yakni tidak sesuai dengan peran guru dan kurangnya manajemen waktu..


Keywords


Presentasi diri; tiktok; guru

Full Text:

PDF

References


Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, 431, 431–440.

ALFEDHA, A. (2018). IMPLIKASI TREND FASHION BAGI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam). UIN Raden Intan Lampung.

Amirullah, N. (2017). Penggunaan Instagram Sebagai Media Aktualisasi Diri Komunitas Miniatur Figur Indonesia di Balikpapan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makassar.

Arni, A., & Awaru, A. O. T. (2018). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Akademik Sosiologi Siswa Kelas Xi Di SMA Negeri 12 Makassar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 29–33.

Firmasnyah, M. A. (2021). Pertimbangkan Hal ini Sebelum Memutuskan Untuk Menjadi Terkenal.

Heradani, H. (2018). Tinjauan Hukum Islam terhadap Tradisi Hiburan dalam Pesta Perkawinan (Walimah al-’Urs) di Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Hermansyah, A., Gumelar, R. G., & Nurjuman, H. (2019). PENGELOLAAN KESAN SELEBGRAM DALAM MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Kasus Selebgram Lokal dikota Cilegon). Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49.

Kusnita, N. (2018). Penerapan Teknik Modeling untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMK Bina Latih Karya (SMK-BLK) Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. UIN Raden Intan Lampung.

Marini, R. (2019). PENGARUH MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 1 GUNUNG SUGIH KAB. LAMPUNG TENGAH. UIN Raden Intan Lampung.

PRIYO, E. K. O. D. W. I. (2018). ANALISIS RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DIKELAS VIII MTs AN-NURIYAH TANJUNG PASIR.

Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi: Dari sosiologi klasik sampai perkembangan terakhir postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 11, 25.

Riyana, C. (2008). Peranan teknologi dalam pembelajaran. Universitas Indonesia, Jakarta.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wijaya, A. E. A. (2014). Pengaruh Kreativitas Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Tugas Akhir Siswa Mata Pelajaran Pengoperasian Dan Perakitan Sistem Kendali Di Smkn 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FT Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 275 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andi Irmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.