SISTEM SEKOLAH BERASRAMA (BOARDING SCHOOL) DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DI MAN 1 KOLAKA

Muh. Miftahul Nurul Reskiawan(1*), Andi Agustang(2),

(1) Univeristas Negeri Makassar
(2) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) proses pembinaan pada sistem sekolah berasrama (boarding school) dalam membentuk karakter disiplin siswa di MAN 1  Kolaka, 2) kendala yang di hadapi siswa dan guru dalam proses sekolah berasrama, dan 3) hasil penerapan tata tertib sistem sekolah berasrama (boarding school) dalam membentuk karakter disiplin di MAN 1 Kolaka. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 12 orang yang ditentukan melalui  teknik  purposive sampling dengan kriteria  informan yaitu: 1) Kepala Asrama Man 1 Kolaka, 2) Pembina Asrama Man 1 Kolaka, dan 3) Siswa yang mengikuti sekolah asrama Man 1 Kolaka. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data yaitu menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan sistem sekolah berasrama yang ada di MAN 1 Kolaka yaitu: a) menekan aturan dalam setiap rutinitas siswa, b) membangun kedekatan dengan komunikasi yang baik antara pembina dengan siswa, c) memilki jam pelajaran tambahan. 2) Kendala yang di hadapi dalam proses pelaksanaan  sistem berasrama di MAN 1 Kolaka dalam membentuk karakter disiplin yaitu: a) kendala yang di hadapi pembina ialah kurang tenaga pendidik di dalam asrama, b) kendala yang di hadapi siswa yaitu tidak adanya ruang privasi dan merasa jenuh. 3) Hasil penerapan tata tertib dalam membentuk karakter displin di MAN 1 Kolaka yaitu: a) berkurangnya siswa yang melanggar aturan dan b) meningkatnya kedisiplinan..

 


Keywords


Sistem; Sekolah berasrama; Disiplin

Full Text:

PDF

References


Awaru, A. O. T. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 221–230.

Baedowi, A. (2015). Manajemen Sekolah Efektif: Pengalaman Sekolah Sukma Bangsa. Pustaka Alvabet.

Djatmiko, A. . (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Identitas Bangsa Multikultur. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2).

Farhana, H., & Markum, M. (2019). PENINGKATAN DISIPLIN DIRI MELALUI METODE PEMBIASAAN MEMBUANG SAMPAH BAGI SISWA DI SDN TELUK PUCUNG IX.

Hartini, T. (2017). Upaya Mengembangkan Kemandirian Emosi dan Sosial Siswa Melalui Layanan Konseling di Sekolah/Madrasah. SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, 2(01), 87–96.

Henry, S. (2013). Cerdas Dengan Games. Gramedia Pustaka Utama.

Hidayati, U., Susena, S., Mardinawati, M., & Ardiansah, M. N. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan soft skill (soft competency) mahasiswa jurusan akuntansi polines. Prosiding Sentrinov (Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif), 1(1), 610–621.

Irawati, E., & Susetyo, W. (2017). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Di Blitar. Jurnal Supremasi, 3.

Luddin, A.B.M. (2010). Dasar dasar konseling. Perdana Publishing.

Makmur, M. (2017). Peran Guru Sosiologi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkep. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan.

Sumar, W.T. and Razak, I.A. (2016). Strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis soft skill. Deepublish.

Susiyani, A. S. (2017). Manajemen boarding school dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(2), 327–347.

Syarbini, A. (2014). Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Elex Media Komputindo.

Syukur, M. (2018). Dasar-Dasar Teori Sosiologi. PT. Rajagrafindo Persada.

Winarsih, S. (2017). Kebijakan dan Implementasi Manajemen Pendidikan Tinggi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 15(1), 51–66.

Wirawan, D. R. I. B. (2012). Teori-teori Sosial dalam Tiga Paradigma: fakta sosial, definisi sosial, dan perilaku sosial. Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 309 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muh. Miftahul Nurul Reskiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.