PERAN GANDA IBU RUMAH TANGGA (STUDI KASUS PADA TUKANG CUCI MOBIL/MOTOR)

Riski Purnama Sari(1*), Andi Agustang(2),

(1) University State Of Makassar
(2) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) beban kerja ganda yang dihadapi  ibu rumah tangga sebagai tukang cuci mobil/motor, 2) strategi wanita dalam membagi waktu sebagai ibu rumah tangga dan tukang cuci mobil/motor. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) beban kerja ganda yang dihadapi ibu rumah tangga sebagai tukang cuci mobil/motor ialah dalam melakukan dua peran yaitu ketika harus bekerja dan mengurus anak sekaligus dalam waktu yang bersamaan membuat mereka seringkali merasa kelelahan. 2) strategi wanita dalam membagi waktu sebagai ibu rumah tangga dan tukang cuci mobil/motor antara lain a) mengurus rumah dahulu kemudian berangkat kerja, b) berangkat kerja kemudian mengurus rumah setelah pulang dari kerja, c) berangkat kerja kemudian kembali lagi kerumah saat jam istirahat setelah itu kembali lagi ketempat kerja, dan d) membawa anak ketempat kerja.

 

 


Keywords


Peran Ganda; Ibu Rumah Tangga; Tukang Cuci Mobil/motor

Full Text:

PDF

References


Arif, Z. Z. (2019). peran ganda perempuan dalam keluarga pespektif feminis muslim Indonesia. Indonesian Journal of Islamic Law, 1(2), 97–126.

Damayanti, R. R., & Awaru, A. O. T. (2018). PEREMPUAN PENJUAL IKAN DI AWERANGE DESA BATUPUTE KECAMATAN SOPPENG RIAJA KABUPATEN BARRU (Suatu Kajian Sosiologi Gender). Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 131–136.

Daulay. (2015). Perempuan Di Sektor Publik. Tiara Wacana.

Fitriyani, F. (2019). Peran Perempuan dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Rumah Tangga Ditinjau dari Ekonomi Syariah (Studi pada Pedagang di Pasar Tradisional Kabupaten Lebak). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SERANG BANTEN.

Hidayati, N. (2016). Beban ganda perempuan bekerja (antara domestik dan publik). Muwazah: Jurnal Kajian Gender, 7(2).

Mudzhakar, H. . A. (2001). Wanita Dalam Masyarakat Indonesia. Sunan Kalijaga Press.

Nurliana, N. (2017). Wanita Karir Menurut Hukum Islam. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 9(1), 70–100.

Polii, I. J. (2012). Aspirasi Feminisme Liberal Beretika dalam Dwilogi Novel Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas Karya Andrea Hirata (Studi Pemikiran Pengarang Terkait Eksistensi Perempuan).

Pudjiwati. (1985). Bila Suami Istri Bekerja. Kanisius.

Ramadhani, N. (2016). Implikasi peran ganda perempuan dalam kehidupan keluarga dan lingkungan masyarakat. Sosietas, 6(2).

Randall, C., & Scott, C. (1987). Sociology of marriage and the family: Gender, love, and property. Chicago: Nelson Hall.

Rokhmansyah, A. (2016). Pengantar gender dan feminisme: Pemahaman awal kritik sastra feminisme. Garudhawaca.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tuwu, D. (2018). Peran Pekerja Perempuan Dalam Memenuhi Ekonomi Keluarga: Dari Peran Domestik Menuju Sektor Publik. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1), 63–76.

Wibowo, S. A., & Gianawati, N. D. (2015). Peran Ganda Ibu Rumah Tangga dalam Memenuhi Kebutuhan Keluarga.


Article Metrics

Abstract view : 500 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riski Purnama Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.