PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DI SMP NEGERI 1 PANGKAJENE

Riska Handayani(1*), Zainal Arifin(2),

(1) 
(2) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi guru dan siswa terhadap penerapan full day school di SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Sidrap. 2) Faktor penghambat dan pendorong  terhadap penerapan full day school  di SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Sidrap Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria guru yang masih aktif, dan guru yang banyak bersentuan langsung dengan siswa, sedangkan siswa adalah pengurus osis  di SMP Negeri 1 Pangkajene. Jumlah informan sebanyak 9 orang guru  dan siswa yang masih aktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Guru yang terlibat langsung dalam full day school. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi guru di SMP Negeri 1 Pangkajene tentang full day school yaitu a) merasa senang, b) merasa banyak waktu dalam mengawasi siswa sedangkan persepsi siswa terhadap full day school yairu, a) merasa banyak waktu bersama teman, b) siswa merasa jenuh. Sedangkan 2) Faktor penghambat menurut guru di SMP Negeri 1 Pangkajene  yaitu, a) orangtua yang menyerahkan sepenuhnya anak mereka ke sekolah, b) guru yang masih kurang pemahaman dalam menjalankan full day school. Sedangkan faktor penghambat menurut siswa yaitu, a) waktu  bermain mereka terhambat, waktu bersama keluarga kurang. Adapun faktor pendukung  menurut guru di SMP Negeri 1 Pangkajene yaitu, a) saranah dan prasaranah yang lengkap, b) orangtua yang mendukung. Sedangkan faktor pendukung menurut siswa yaitu, a) saranah dan prasaranah yang lengkaap, b) dukungan orangtua dan manajemen pendidikan.

 

 


Keywords


Fullday; persepsi; siswa

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2014. Sosiologi Pendidikan (Pengertian, Tujuan Ruang Lingkup, Manusia Dan Pendidikan Sebagai Capital),. Makassar: Anugrah Mandiri.

As’ ari, Hasan. 2019. “Implementasi Kurikulum Program Full Day School Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SD Muhammadiyah Ponorogo.”

Asmani, Jamal Ma’mur. 2017. “Full Day School Konsep Manajemen & Quality Control.” Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Baharuddin. 2014. Pendidikan Dan Psikologi Perkembangan. Yogjakarta: AR-Ruzz media.

Basuki, Sukur. 2007. “Fullday School, Harus Proporsional Sesuai Jenjang Dan Jenis Sekolah.”

Haling, Abd. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Makassar. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Hamalik, Oemar. 2019. “Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum.”

Ivancevich, John M. “Dkk. 2006, Perilaku Dan Manajemen Organisasi Jilid 2.” Jakarta Penerbit Erlangga.

Maksum, Ali. 2016. “Sosiologi Pendidikan.” Malang: Madani.

Rezkiana, Nur Mega, and Supriadi Torro. 2019. “Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara.” Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan: 95–100.

Rizky, Azizah Afni. 2015. “Problematika Pembelajaran Sistem Full Day School Siswa Kelas 1 SDIT Al-Irsyad Tegal.”

Sugiyono, Dr. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.”

Wati, Dona. 2020. “Bimbingan Kelompok Dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri Remaja Risma Al Fatih Desa Margorejo Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan.”

Yuwono, Tristiyo Hendro. 2017. “Full Day School: Realisasi Pembentukan Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan Guru 1(1): 73–83.


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riska Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.