TRANSMIGRASI SEBAGAI MITIGASI BENCANA ALAM (STUDI DI DESA SAWITTO KECAMATAN BUNGIN KABUPATEN ENREKANG)

Riska wati(1*), Mario Mario(2), Idham Irwansyah(3),

(1) Univeristas Negeri Makassar
(2) Univeristas Negeri Makassar
(3) PUniveristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses perencanaan dan pelaksanaan Transmigrasi sebagai Mitigasi Bencana Alam di Desa Sawitto Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. (2) Dampak sosial ekonomi dari program transmigrasi sebagai mitigasi bencana alam di Desa Sawitto Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. Teknik penentuan informan menggunakan purpose sampling. Penarikan informan di dasarkan pada kriteria yaitu (1 ) Pemerintah Desa yang berwenang (2) Masyarakat yang telah berdomisili di Desa Sawitto minimal sebelum desa dipindahkan. (3) Warga masyarakat yang telah berkeluarga dan memiliki pengetahuan luas mengenai fenomena. Informan penelitian sebanyak 8 orang yang berdomisili di Desa Sawitto Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. Analisis data penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses transmigrasi di Desa Sawitto merupakan salah satu bentuk mitigasi bencana alam karena desa tersebut memiliki resiko bencana seperti tanah longsor, angin putting beliung dan juga kemarau panjang. Adapun dampak yang ditimbulkan dari program transmigrasi sebagai mitigasi bencana di Desa Sawitto Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang ini dapat dilihat dari dampak sosial yaitu peningkatan pendidikan dan kondisi tempat tinggal masyarakat selama menempati lokasi yang baru. Sedangkan dari segi ekonomi yaitu peningkatan pendapatan dan pekerjaan masyarakat.

 

 


Keywords


Transmigrasi; Mitigasi Bencana; Desa Sawitto

Full Text:

PDF

References


Dewi, R. S. (2019). Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 68–77.

https://makassar.tribunnews.com/longsor-landa-kecamatan bungin-enrekang-akses-jalan-terputus. (n.d.).

Kartono. (2006). Perilaku Manusia. ISBN.

Legiani, W.H., Lestari, R.Y. and Haryono, H. (2018). Transmigrasi dan Pembangunan di Indonesia. Hermeneutika: Jurnal Hermeneutika, 4(1), Pp.25-38.

Murdiyanto, E. (2020). Sosiologi perdesaan Pengantar untuk Memahami Masyarakat Desa.

No, U.U.R.I., 29. (n.d.). Tahun 2009 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 15 Tahun 1997 Tentang Ketransmigrasian.

Prastistho, B., Pratiknyo, P., Rodhi, A., Prasetyadi, C., Massora, M. R., & Munandar, Y. K. (2018). Hubungan Struktur Geologi dan Sistem Air Tanah. LPPM UPN “Yogyakarta” Press.

Rahman, A. Z. (2015). Kajian mitigasi bencana tanah longsor di Kabupaten Banjarnegara. Gema Publica: Jurnal Manajemen Dan Kebijakan Publik.

Setyowati, D. L. (2019). Pendidikan Kebencanaan. Universitas Negeri Semarang.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sriharmiati, L., Sari, M., Rohmah, M., Islawati, D., Fiqrudin, A., Hijriyandani, T., ... & Fianti, A. (2018). Transmigrasi Sebagai Mitigasi Bencana Alam (Study Kebijakan Trasmigrasi Penduduk Lereng Gunung Merapi). JMAN Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara, 2(1), 129-137.

Sukirno Sadono. (2004). Pengantar Teori Makroekonomi. Alfabeta.

Ulum, M.R., Banowati, E., & Suharini, E. (2017). Partisipasi Masyarakat Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik Terhadap Upaya Penanggulangan Bencana Tanah Longsor. Edu Geography, 5(2), Pp.69-75.

Yayasan, I.D.E.P. (2009). Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat.

Yuwanto, L. (2018). Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis Gempa Bumi Eartquake 3D. MNC Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 149 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riska wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.