PENGGUNAAN EDMODO DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI 1 BULUKUMBA

Andi Fitri Suci Isman(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Univeristas Negeri Makassar
(2) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) apa alasan guru menggunakan edmodo dalam proses pembelajaran, 2) apa kendala penggunaan edmodo dalam proses pembelajaran selama pandemi covid-19. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 6 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sumpling dengan kriteria menggunakan edmodo 1-3 tahun dan berusia 20-45 tahun. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber yaitu melakukan wawancara kepada orangtua siswa untuk memastikan kembali apakah hasil dari wawancara dengan guru mengenai penggunaan edmodo parent oleh orangtua sesuai dengan yang dikatakan informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan edmodo dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Bulukumba 1) alasan guru menggunakan edmodo dalam proses pembelajaran yaitu, a) tampilan yang menarik, b) memudahkan guru mengirim materi pelajaran, c) untuk berkomunikasi ketika tidak berada di ruangan yang sama, d) diskusi online sesuai kelompok, e) memberikan ulangan secara online dengan beragam soal, f) dapat terhubung dengan orangtua. 2) kendala penggunaan edmodo dalam proses pembelajaran selama pandemi covid-19 yaitu, a) penilaian sikap, b) ketersediaan jaringan..

 


Keywords


Edmodo; Guru; Kendala

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, Z. (2015). Penggunaan edmodo sebagai media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran di smkn 1 surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 3(3).

Angraeny, N., & Awaru, A. O. T. (2018). Upaya Guru Sosiologi Dalam Mengatasi Hambatan Penerapan Model-Model Pembelajaran Di Sma Negeri Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 74–78.

Coleman, J. S., Muttaqien, I., Widowatie, D. S., & Purwandari, S. (2008). Dasar-dasar teori sosial. Nusa Media.

Hamalik, O. (2001). Proses belajar mengajar.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya.

Wankel, L. A., & Wankel, C. (2011). Higher education administration with social media: Including applications in student affairs, enrollment management, alumni relations, and career centers. Emerald Group Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 78 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andi Fitri Suci Suci Isman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.