PEROKOK DALAM PERSPEKTIF GURU PEROKOK DAN SISWA PEROKOK SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI

Wahyu Arisman(1*), A. Octamaya Tenri Awaru(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana perilaku merokok di sekolah dalam perspektif Guru perokok di SMA Negeri 4 Wajo, 2) Bagaimana perilaku merokok di sekolah dalam perspektif siswa perokok di SMA Negeri 4 Wajo. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 11 orang yang di tentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu Guru Perokok SMA Negeri 4 Wajo, dan Siswa Perokok di SMA Negeri 4 Wajo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yaitu: 1)  Perilaku merokok di sekolah dalam perspektif guru perokok yaitu terdiri dari a) Guru merokok di sekolah tidak mengapa selama merokok di tempat yang tidak terlihat oleh siswa b) Siswa tidak dibenarkan untuk merokok di sekolah bedasarkan aturan yang ada dan memperoleh sanksi jika melanggar. 2)  Perilaku merokok di sekolah dalam perspektif siswa perokok yakni a) Merokok di sekolah tidak diperbolehkan namun dapat dilakukan secara sembunyi-sembunyi agar tidak kedapatan oleh guru, b) Guru merokok di sekolah adalah hal yang biasa saja dan bisa ditoleransi.

 

 


Keywords


Perspektif; Perokok; Lingkungan Sekolah

Full Text:

PDF

References


A Octamaya, Tenri Awaru. 2016. “Merokok Dalam Perspektif Pelajar.” Kendari: Literacy Institute.

Agustang, Andi. 2013. “Telaah Kritis Tentang Model Pendekatan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif.” http://aagustang.blogspot.com.2013/05/filosofi.html.

Azam, Ulul. 2016. Bimbingan Dan Konseling Perkembangan Di Sekolah Teori Dan Praktik. Deepublish.

Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT.” Bumi Aksara.

Henslin, James M. 2007. “Sosiologi Dengan Pendekatan Membumi Jilid 2.”

INDONESIA, REPUBLIK. 2011. “Pedoman Pengembangan Kawasan Tanpa Rokok.”

Kurniawan, Wisnu Aditya. 2018. Budaya Tertib Siswa Di Sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Nurdin, M Amin, and Ahmad Abrori. 2006. “Mengerti Sosiologi: Pengantar Memahami Konsep-Konsep Sosiologi.”

Nurnajmi, Nurnajmi, and A Octamaya Tenri Awaru. 2018. “Perokok (Studi Siswa Kalangan Ekonomi Rendah Di Smp Negeri 18 Makassar).” Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan: 108–13.

Octavia, Shilphy A. 2020. Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Deepublish.

Pratiwi, Ratna Akhiroyani, Munawir Yusuf, and Salmah Lilik. 2009. “Hubungan Antara Konsep Diri Dan Konformitas Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja.” Wacana 1(2).

Sandi, Kurnia. 2019. “Implementasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Di Kecamatan Mariso Kota Makassar.”

Setiadi, Elly, and Dkk. 2006. Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sodik, Muhammad Ali. 2018. “Merokok & Bahayanya.”

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 111 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wahyu Arisman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.