PERAN GURU DALAM PENERAPAN KARAKTER PENDIDIKAN ABAD 21 PADA SISWA SMA NEGERI 1 PAREPARE

Muh Rizaldy Saputra(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Univeristas Negeri Makassar
(2) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peran guru dalam penerapan karakter pendidikan abad 21 pada siswa SMA Negeri 1 Parepare, dan 2) Kendala guru dalam penerapan karakter pendidikan abad 21 pada siswa SMA Negeri 1 Parepare. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 7 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan guru yang aktif mengajar, guru yang telah mengajar lebih dari 5 tahun, dan guru yang telah tersertifikasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) peran guru dalam penerapan karakter pendidikan abad 21 pada siswa SMA Negeri 1 Parepare yaitu: (a) sebagai mitra belajar mengembangkan karakter keterampilan, produktivitas personal, dan tujuan diri. (b) sebagai pengembang komunitas guru mengembangkan karakter etika, tanggung jawab individu, dan tanggung jawab sosial.(c) sebagai penggerak mengembangkan  karakter kepemimpinan, akuntabilitas, adaptasi. 2) Kendala guru dalam penerapan karakter pendidikan abad 21 yaitu: (a) penggunaan media pembelajaran, (b) keterampilan dan karakter siswa, dan (c) penggunaan model pembelajaran.

 

 


Keywords


Pendidikan abad 21; mitra belajar; pengembang komunitas; penggerak; kendala

Full Text:

PDF

References


Badan Nasional Standar Pendidikan. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI.

Daryanto, K., & Karim, S. (2017). Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Hashary, R. I. P. M. (2017). Peran Guru Dalam Pembinaan Moral Siswa di SMA Negeri 7 Kabupaten Pinrang. Skripsi S1. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Idi, A. (2013). Sosiologi Pendidikan. PT Rajagrafindo Persada.

Indra, R., & Syukur, M. (2017). PERANAN GURU DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA DI SMA NEGERI 7 KABUPATEN PINRANG. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 113–119.

Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala guru sekolah dasar dalam implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(3).

Martini, E. (2018). Membangun karakter generasi muda melalui model pembelajaran berbasis kecakapan abad 21. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 3(2), 21–27.

Nadirah, S. (2016). PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER dalam MENANGGULANGI DELINQUENCY (STUDI KASUS di SMA NEGERI 1 MAKASSAR). Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 3(2).

Nindiantika, V., Ulfatin, N., & Juharyanto, J. (2019). Kepemimpinan situasional untuk meningkatkan daya saing luaran pendidikan abad 21. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(2), 40–48.

Prayogi, R. D. (2020). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Manajemen Pendidikan, 14(2).

Rezkiana, N. M., & Torro, S. (2019). Pelaksanaan Sekolah Ramah Anak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 95–100.

Soewarno. Jurnal Pesona Dasar. 2 (4). (2016). Kendala-Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis Komputer Di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar.

Sriwilujeng, D. (2017). Panduan implementasi penguatan pendidikan karakter. Erlangga.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syukur, M. (2018). Dasar-Dasar Teori Sosiologi. PT. Rajagrafindo Persada.

Wijaya, E.Y., Sudjimat, D.A., Nyoto, A. and Malang, U. . (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, Pp. 263-278).


Article Metrics

Abstract view : 193 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muh Rizaldy Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.