EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 22 MAKASSAR

Santy Ayu Lestari(1*), Andi Agustang(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh efektivitas pembelajaran terhadap pembelajaran online pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 22 Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan menggunakan simple random sampling, pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, dan XII jurusan IPS Tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 315 orang siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 76 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) bentuk efektivitas dari pembelajaran online dapat dilihat dari siswa aktif dalam pembelajaran, siswa tepat waktu dalam mengerjakan tugas dan ulangan yang diberikan oleh guru, tepat waktu hadir dalam pembelajaran, dan respon siswa terhadap kinerja guru sangat baik dalam mengajar pembelajaran online. 2) variabel X (efektivitas pembelajaran) berpengaruh terhadap variabel Y (pembelajaran online) hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikan korelasi sebesar 0,619 > 0,05 yang berarti memiliki korelasi hubungan yang kuat. Tingkat signifikansi  5% N=76 sebesar 0,187. Jadi 0,619 lebih besar dari 0,187 dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Keeratan hubungan antar variabel dapat dilihat dari koefisien korelasi (tabel correlation atau tabel summary/ nilai R) 0,619 dan signifikansi pada nilai 0,00 (nilai lebih kecil dari 0,05 yang artinya signifikan). Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antar efektivitas pembelajaran terhadap pembelajaran online dengan keeratan hubungannya sebesar 0,619 atau 61,9% yang dalam kategori hubungan yang kuat.

 

 Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Online, Siswa


Keywords


Efektivitas Pembelajaran; Pembelajaran Online; Siswa

Full Text:

PDF

References


Agustang, Andi. 2011. Pendekatan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Suatu Tinjauan Kritis. Makassar: Andira Publisher.

Anas, Muhammad, and M. PdI. 2014. Mengenal Metodologi Pembelajaran. Muhammad Anas.

Belawati, Tian. 2019. Pembelajaran Online.Jakarta, Universitas Terbuka.

Enterprise, Jubilee. 2014. Chatting Tanpa Batas Menggunakan Whatsapp. Elex Media Komputindo.

Gusty, Sri, Nurmiati Nurmiati, Muliana Muliana, Oris Krianto Sulaiman, Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra, Melda Agnes Manuhutu, Andriasan Sudarso, Natasya Virginia Leuwol, Apriza Apriza, and Andi Arfan Sahabuddin. 2020. Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Mustakim, Mustakim. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika.” Al Asma: Journal of Islamic Education 2(1):1–12.

Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Rosmita, Rosmita, Suratno Suratno, and Ahmad Nasori. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Daring (Studi Kasus Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur Tahun 2019/2020).”

Sugiyono, Dr. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.”

Widiyarso, Tri Hanung, and Sutama Sutama. 2021. “Efektifitas Penggunaan Microsoft Teams Dalam Pembelajaran E-Learning Bagi Guru Selama Pandemi Covid-19.” Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan 21(1)


Article Metrics

Abstract view : 298 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Santy Ayu Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.