PENGARUH PENDIDIKAN MULTIKULTURAL TERHADAP TINGKAT TOLERANSI BERAGAMA MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Nur Isna Oktavia(1*), Supriadi Torro(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan multikultural terhadap tingkat toleransi beragama mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Makassar. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Sosiologi angkatan 2016 sampai dengan angkatan 2019 yang berjumlah 257 mahasiswa, sedangkan sampelnya sebanyak 72 responden. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesiner/ angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X (pendidikan multikultural) berpengaruh terhadap variabel Y (toleransi beragama) hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikan korelasi sebesar 0,617 > 0,05 berarti hubungannya kuat. Dibanding dengan R tabel tingkat signifikansi 5% dari N= 72 sebesar 0,192. Jadi 0,617 lebih besar dari 0,192, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan (Ha) diterima. Keeratan hubungan antar variabel dapat pendidikan multikultural dengan tingkat toleransi beragama mahasiswa dan keeratan hubungannya sebesar 0,617 atau sebesar 61,7% dalam kategori hubungan yang kuat. dilihat dari koefisien korelasi (tabel correlation atau tabel summary/nilai signifikan).  

 


Keywords


Pendidikan multikultural; toleransi beragama;mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Agustian, Murniati. 2019. Pendidikan Multikultural. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Al Asy’ari, Abdurrohman. 2018. “Rekonseptualisasi Pendidikan Multikultural Di Indonesia.” Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kependidikan 19(2):85–98.

Awaru, A. Octamaya Tenri. 2017. “Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural Di Sekolah.” Pp. 221–30 in Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial. Vol. 2.

Burhan, Bungin. 2005. “Metode Penelitian Kuantitatif.” Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Casram, Casram. 2016. “Membangun Sikap Toleransi Beragama Dalam Masyarakat Plural.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya 1(2):187–98.

Harefa, Arianus, and Sodialman Daliwu. 2020. Teori Pendidikan Pancasila Yang Terintergrasi Pendidikan Anti Korupsi. Penerbit Lutfi Gilang.

Ida Norlena, Ida Norlena. 2015. Iklim Keberagaman Islam Ditengah Masyarakat Multikultural Di Desa Pangelak Kabupaten Tabalong. CV Aswaja Pressindo.

Muhdina, Darwis. 2014. “Kerukunan Umat Beragama Berbasis Kearifan Lokal Di Kota Makassar.”

Nafi’ah, Siti Anisatun. n.d. Memperkuat Identitas Bangsa Melalui Pendidikan Multikultural: Konsep–Prinsip-Implementasi. Guepedia.

Naim, Ngainun. 2017. Pendidikan Multikultural, Konsep Dan Aplikasi. Vol. 1. Ar-Ruzz Media.

Sukmadinata Nana, Syaodih. 2010. “Metode Penelitian Pendidikan.” Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryana, Yaya, and Ahmad Rusdiana. 2015. Pendidikan Multikultural Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa: Konsep, Prinsip, Dan Implementasi. Pustaka Setia.

Tri, Indah Yani. 2020. “Pendidikan Toleransi Beragama Berbasis Multikultural.”

Turnomo, Rahardjo. 2005. Menghargai Perbedaan Kultural. Vol. 1. Pustaka Pelajar.

Yaumi, Muhammad. 2016. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar & Implementasi. Prenada Media.


Article Metrics

Abstract view : 207 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Isna Oktavia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.