PERUBAHAN MEDIA BERMAIN DAN PERGESERAN GAYA HIDUP ANAK DI LINGKUNGAN BULU KECAMATAN MATTIRO BULU KABUPATEN PINRANG

Mutmainnah Arham(1*), Andi Agustang(2),

(1) Universitas negeri makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana perubahan media bermain anak di Lingkungan Bulu Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang, 2) bagaimana bentuk pergeseran gaya hidup anak di Lingkungan Bulu Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang, 3) dampak perubahan media bermain terhadap pergeseran gaya hidup anak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 13 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perubahan media bermain anak di Lingkungan Bulu terjadi karena perubahan lingkungan geografis dan adanya penemuan-penemuan baru, perubahan media bermain anak-anak terjadi dalam rentan waktu 2 hingga 5 tahun. 2) pergeseran gaya hidup anak di Lingkungan Bulu yang pertama, adalah pergeseran ke gaya hidup Sedenter. Kedua, pergeseran ke gaya hidup modern, 3) dampak perubahan media bermain terhadap pergeseran gaya hidup anak di Lingkungan Bulu ada dua yaitu dampak negatif dan juga dampak positif.

 

 


Keywords


Perubahan Media Bermain; Pergeseran Gaya Hidup; Anak-Anak; Lingkungan Bulu

Full Text:

PDF

References


Agustang, Andi. 2013. “Telaah Kritis Tentang Model Pendekatan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif.”

Awaru, A. Octamaya Tenri. 2021. Sosiologi Keluarga. edited by Bahri. Media Sains Indonesia.

Costigan, Sarah A., Lisa Barnett, Ronald C. Plotnikoff, and David R. Lubans. 2013. “The Health Indicators Associated with Screen-Based Sedentary Behavior among Adolescent Girls: A Systematic Review.” Journal of Adolescent Health 52(4):382–92.

Familia, Tim Pustaka. 2006. Menepis Hambatan Tumbuh Kembang Anak. Kanisius.

Fauziddin, Mohammad. 2014. “Pembelajaran PAUD Bermain, Cerita Dan Menyanyi Secara Islami.” Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hooguelt, Ankle M. M. 1995. “Sosiologi Sedang Berkembang, Jakarta, Raja Grafindo Persada.”

Karo-Karo, Isran Rasyid, and Rohani Rohani. 2018. “Manfaat Media Dalam Pembelajaran.” AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika 7(1).

Kresdianto, Dwi. 2014. “Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Fashion Pakaian Pada Mahasiswi Di Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang.”

Lestari, Inda, Agus Wahyudi Riana, and Budi M. Taftazani. 2015. “Pengaruh Gadget Pada Interaksi Sosial Dalam Keluarga.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2).

Mawuntu, Sara Lupita Wehelmina. 2018. “Perbedaan Gaya Hidup Hedonis Pada Pemain Dress-Up Game Ditinjau Dari Intensitas Bermain Game.”

Mukramin, S. 2018. “Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Kota Makassar.” Jurnal Pendidikan Sosiologi 6:90–91.

Plummer, R. 1983. “Life Span Development Psychology: Personality and Socialization.”

Ponirin, Ponirin, and Lukitaningsih Lukitaningsih. 2019. Sosiologi. Yayasan Kita Menulis.

Surahman, Sigit. 2013. “Dampak Globalisasi Media Terhadap Seni Dan Budaya Indonesia.” LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi 2(1).

Suyanto, Bagong. 2014. Sosiologi Ekonomi: Kapitalisme Dan Konsumsi Di Era Masyarakat Post-Modernisme. Prenada Media.

Sztompka, Piotr. 2017. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: PT. Balebat Dedikasi Prima.


Article Metrics

Abstract view : 97 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mutmainnah Arham

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.