DISKRIMINASI GENDER TERHADAP PEREMPUAN PEKERJA DI KAWASAN INDUSTRI MAKASSAR

Sarina Sarina(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Mengapa Diskriminasi Bisa Terjadi Di Kawasan Industri Makassar, 2) Bagaimana Bentuk Diskriminasi Gender yang terjadi di Kawasan Indsurti Makassar. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 9 orang yang di tentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu diantaranya perempuan pekerja di Kawasan Industri Makassar, Sudah Menikah berusia (26-50 tahun) dan belum menikah berusia (30-40 tahun). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan Membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Diskriminasi bisa terjadi di kawasan industri makassar karena adanya streotipe yang menyatakan bahwa perempuan masih dianggap lemah, serta adanya anggapan bahwa perempuan masih dianggap tidak mampu menjadi pemimpin (penanggung jawab) di perusahaan, kurangnya pemahaman persoalan kesetaraan gender, dan perempuan masih dibatasi dengan alasan perempuan sudah menikah dan memiliki anak seharusnya tidak bekerja. 2) Bentuk diskriminasi terhadap perempuan pekerja di kawasan industri makassar. Yaitu terdapat tiga bentuk a) pelecehan seksual secara verbal yang dilakukan dalam bentuk adanya perkataan kasar yang dilakukan oleh pekerja laki-laki terhadap perempuan. b) kesenjangan pendapatan yang terjadi dalam bentuk adanya perbedaan gaji antara perempuan dan laki-laki, dan c) streotipe yang terjadi dalam bentuk perempuan dianggap lemah dan perempuan seharusnya tidak bekerja.

 

 


Keywords


Diskriminasi Gender; Perempuan Pekerja; Kawasan Industri Makassar

Full Text:

PDF

References


Akbar, Z. (n.d.). DISKRIMINATIF GENDER DALAM LINGKUNGAN KERJA.

Damayanti, R. R., & Awaru, A. O. T. (2018). PEREMPUAN PENJUAL IKAN DI AWERANGE DESA BATUPUTE KECAMATAN SOPPENG RIAJA KABUPATEN BARRU (Suatu Kajian Sosiologi Gender). Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 131–136.

Fuady, I., & Yusnita, T. (2016). Persepsi Masyarakat Pesisir Terhadap Kepemimpinan Perempuan Nelayan Di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 14(2).

Halim, H. (2017). SOSIOLOGI GENDER, WANITA, DAN KETENAGAKERJAAN. PENA INDIES.

Hidayati, N. (2016). Beban ganda perempuan bekerja (antara domestik dan publik). Muwazah: Jurnal Kajian Gender, 7(2).

Hutasoit, P. M. (2020). Kajian Feminisme Kumpulan Cerita Pendek Aku, Perempuan Karya Lovie Lenny Gunnasyah.

Khotimah, K. (2009). Diskriminasi gender terhadap perempuan dalam sektor pekerjaan. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 4(1), 158–180.

Muslikhati, S. (2004). Feminisme dan pemberdayaan perempuan dalam timbangan Islam. Gema Insani.

Nuruzzaman, M. (2005). Kiai Husen Membela Perempuan. Pustaka Pesantren.

Sendratari, L. P. (2020). MEMBACA KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK SECARA KULTURAL DAN STRUKTURAL: Bahan Menabuh Genderang Perang. EDUSOCIUS; Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan Dan Sosiologi, 2(2), 1–15.

Setiadi, M. (n.d.). Elly dan Kolip, Usman. 2011. Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta Dan Gejala Permasalahan Sosial.

Shalihin, N., & Firdaus, F. (2019). Transformasi Gender: Strategi Pembebasan Perempuan dari Jerat Pembangunan dan Kapitalisme. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 14(1), 109–140.

Stellarosa, Y., & Silaban, M. W. (2019). Perempuan, media dan profesi jurnalis. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 97–109.

Subakti, H., Chamidah, D., Siregar, R. S., Saputro, A. N. C., Recard, M., Nurtanto, M., Kuswandi, S., Ramadhani, R., & Sitopu, J. W. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Tahar, F. (2012). Pengaruh Diskriminasi Gender dan Pengalaman Terhadap Profesionalitas Auditor. Skripsi Yang Tidak Dipublikasikan. Makasar: Universitas Hasanuddin.


Article Metrics

Abstract view : 1443 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sarina Ina Ina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.