KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PEROKOK ANAK USIA 7-12 TAHUN

Gita Suci Indah Sari(1*), A. Octamaya Tenri Awaru(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bentuk Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perokok Usia 7-12 Tahun, 2) Faktor Yang Mempengaruhi Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perokok Usia 7-12 Tahun. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yang ditentukan melalui teknik Snowball sampling dengan dengan meminta anak yang perokok mengajak teman perokok yang lain untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk konformitas teman sebaya terhadap perokok usia 7-12 terdapat 2 bentuk konformitas yaitu penerimaan berupa perilaku meniru sikap dan pemenuhan berupa pemaksaan dari individu satu ke individu yang lain. 2) Faktor yang mempengaruhi konformitas teman sebaya terhadap perokok usia 7-12 tahun terdapat 4 faktor yaitu, mempertahankan diri, tidak adanya rasa takut terhadap penyimpangan, kekompakan kelompok, dan ketertarikan pada nilai bebas.

 

 


Keywords


Konformitas; Teman Sebaya; Perokok

Full Text:

PDF

References


A Octamaya, T. A. (2016). Merokok Dalam Perspektif Pelajar.

Alam, A. S., & SH, M. H. (2018). Kriminologi Suatu Pengantar: Edisi Pertama. Prenada Media.

Ayu, P., & Syukur, M. (2018). Mahasiswi perokok di Kota Makassar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 111–114.

Dewi, C. K. (2015). Pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku bullying pada siswa SMA Negeri 1 Depok Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling.

Eshasiwi, Y. W. (2015). Hubungan Trait Big-Five Personality dan Harga Diri Terhadap Konformitas Teman Sebaya. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(4).

Liem, A. (2010). Pengaruh nikotin terhadap aktivitas dan fungsi otak serta hubungannya dengan gangguan psikologis pada pecandu rokok. Buletin Psikologi, 18(2).

Melvina, R. (2019). HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA DI SMKN 2 BANDAR LAMPUNG. UIN Raden Intan Lampung.

NASRUDIN, M. O. H. H. (2017). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Deliquency Minum-Minuman Keras Pada Remaja Desa Kranding Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri.

Nasution, I. K. (2007). Perilaku merokok pada remaja. Medan: Universitas Sumatra Utara: Http://Library. Usu. Ac. Id.

Rabintang Ali, T. H. (2018). Konformitas Negatif Siswa-Siswi Di SMA Negeri Komodo Labuan Bajo. Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.

Rahman, H., Giyono, G., & Widiastuti, R. (2015). Penggunaan Layanan Konseling Kelompok dalam Mengurangi Perilaku Merokok Siswa Kelas X. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 4(2).

Ratnawati, A. D. (2019). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Pembelian Impulsif Pada Remaja. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Santrock, J. W. (2003). Perkembangan Remaja (edisi keenam). Jakarta: Erlangga.

Sears, D.O., Freedman, J. L. P. (2004). Psikologi Sosial Jilid 2. PT. Erlangga.

Yulfitri, F., Marjohan, M., & Sano, A. (2014). Konformitas Internalisasi Siswa terhadap Peraturan Sekolah dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 36–41.


Article Metrics

Abstract view : 384 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Gita Suci Indah Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.