MAHASISWA PENGEMUDI OJEK ONLINE (GRAB) FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Syartika Wati(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) mengapa mahasiswa Universitas Negeri Makassar berperan ganda menjadi pengemudi ojek online Grab, 2) dampak yang ditimbulkan oleh mahasiswa yang berperan sebagai pengemudi ojek online Grab. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Mahasiswa Universitas Negeri Makassar berperan sebagai pengemudi ojek online (Grab) karena tuntutan ekonomi begitu banyaknya mulai dari kebutuhan mahasiwa sampai dengan kebutuhan perkuliahan, mengisi waktu luang di sela-sela perkuliahan dengan hal produktif yang awalnya hanya coba sampai tertarik mengeluti, ajakan teman dan memperbanyak teman. 2) Dampak yang di timbulkan mahasiswa yang berperan sebagai pengemudi ojek online (Grab) yaitu dampak dampak positifnya yaitu memperluas jaringan dan saling membagi pengalaman serta informasi baik itu sesame ojek online (Grab) maupun terhadap penumpang, serta kemandirian baik itu kemandirian ekonomi maupun kemandiran sosial terbangung dan juga kedisiplinan dan sopan santun terhadap penumpang menjadi nilai positif bagi mahasiswa. Sedangkan dampak negatifnya tugas-tugas mahasiswa yang terbengkalai serta waktu untuk belajar yang berkurang, serta Keselamatan dan kesehatan mahasiswa dalam Berkendara..

 


Keywords


Mahasiswa; Ojek Online

Full Text:

PDF

References


Anonim, http://www.. Hukumonline. Com/berita/baca/Pemerintah Masih Pertimbagkan Payung HUkum Ojek Online, di akses o1 September 2018.

Badudu & Sultan, Muhammad. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Intergraphic.

Bungin, Burhanuddin. 2007. Penelitian Kualitatif, Ekonomi Kebijakan Public Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group.

Damsar, Indrayani. 2009. Pengantar Sosiologi Ekonomi, Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Dwi Aryanto. 2013. Peran dan Fungsi Mahasiswa. (http :// vi.scibd.com /documen/ peran-dan-Fungsi-Mahasiswa). diakses 24 Juli 2018.

Ian, Herlan. Kemahasiswaan. http:/herlan231.blogspot.co.id. diakses pada tanggal 04 Juli 2018.

Liang Ting, Yu. 2013. Tapping into students digital literacy and designing negotiated learning to promote learner autonomy, internet and Hihger Education.

Sangadji,dkk 2010. Metode Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: C.V.Andi.

Setiadi, Elly, dkk.2006. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media

Siswoyo, Dwi dkk. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Soekanto, Soerjono.2013 Sosiologi Suatu Pengantar. Bandung: Rajawali Pers.

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardono, Edy. 2013. Teori Peran: Konsep, Derivasi dan Implikasinya. Jakarta: Gremedia.

Syukur, Muhammad. 2018. “Dasar-Dasar Teori Sosiologi.” PT. Rajagrafindo Persada.

Usman, Sunyoto. 2015. Esai-Esai Sosiologi Perubahan Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 169 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syar Tika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.