STRATEGI SEKOLAH DALAM MELULUSKAN SISWA DIPERGURUAN TINGGI NEGERI MELALUI JALUR SNMPTN DI SMA NEGERI 3 BARRU DAN SMA NEGERI 6 BARRU

Asrina Apricilia Asrul(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Univeristas Negeri Makassar
(2) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi sekolah dalam meluluskan siswa di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN di SMA Negeri 3 Barru dan SMA Negeri 6 Barru. 2) Faktor pendukung dan penghambat implentasi strategi sekolah dalam meluluskan siswa di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN di SMA Negeri 3 Barru dan SMA Negeri 6 Barru 3) Dampak dari adanya strategi dalam meluluskan siswa di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN di SMA Negeri 3 Barru dan SMA Negeri 6 Barru. Kriteria informan adalah Kepala sekolah SMA Negeri 3 Barru dan SMA Negeri 6 Barru dan guru wali kelas Kelas XII di SMA Negeri 3 Barru dan SMA Negeri 6 Barru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data dilakukan dengan menggunakan member check. Hasil Penelitian ini menunjukkan: 1) Strategi yang dilakukan oleh sekolah dalam meluluskan siswa di perguruan Tinggi Negeri  melalui jalur SNMPTN  di SMA Negeri 3 Barru dan  SMA Negeri 6 Barru yaitu (a) peningkatan nilai setiap semesternya (b) meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa (c) penambahan jam belajar mengajar berupa les sore.2) Faktor penghambat  implementasi strategi dalam meluluskan siswa di perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNMPTN di SMA Negeri 3 Barru dan  SMA Negeri 6 Barru adalah (a) kurangnya pengetahuan mengenai jurusan yang akan dipilih pada sistem SNMPTN (b) penginputan nilai dan (c) masalah semangat dan motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri. Sementara itu faktor pendukungnya yaitu (a) kerja sama di antara guru yang baik dalam melaksanakan proses pembelajaran (b) upaya pihak sekolah yang memacu semangat semua elemen sekolah untuk mempertahankan penilaian siswa serta komitmen dan (c) dedikasi guru yang besar dalam meluluskan siswanya ke jenjang perguruan tinggi 3) Dampak yang dirasakan oleh SMA Negeri 3 Barru dan SMA Negeri 6 Barru dengan adanya siswa yang lulus melalui SNMPTN ialah (a) menaikkan citra dan eksistensi sekolah dimata masyarakat (b) meningkatkan motivasi para siswa yang ingin mendaftar sebagai siswa baru (c) meningkatkan akreditasi sekolah (d) sebagai indikator dari kinerja para guru dan sekolah.

 

 

 


Keywords


strategi; SNMPTN; siswa

Full Text:

PDF

References


Awaru, A. O. T., Syukur, M., Agustang, A. D. M. P., & Arifin, Z. (2020). Mapping Student Learning Styles Achieving Using Kolb’s Learning Style Inventory in Sinjai Regency. Jurnal Ad’ministrare, 7(2), 391–400.

Awlawi, A. H. (2013). Teknik Bermain Peran pada Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self-Esteem. Konselor, 2(1).

Coleman, J. S., Muttaqien, I., Widowatie, D. S., & Purwandari, S. (2008). Dasar-dasar teori sosial. Nusa Media.

Dahlan, M. (2018). Pengembangan materi pembelajaran Sosiologi berbasis aplikasi Quipper School pada MAN 1 Parepare. STAIN Parepare.

Darani, N. P. (2021). Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Perspektif Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(1), 133–144.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi belajar.

Firdianti, A. (2018). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Gre Publishing.

Hadjar, I. (2019). Ketimpangan gender dalam seleksi calon mahasiswa di perguruan tinggi. Pustaka Rizki Putra.

Maamarah, S., & Supramono, S. (2016). Strategi Peningkatan Mutu dan Citra (Image) Sekolah Dasar Negeri Di Ungaran, Semarang. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 115–130.

Maleong, L. (n.d.). J.(2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Offset.

Musfah, J. (2018). Manajemen pendidikan aplikasi, strategi, dan inovasi. Prenada Media.

MZ, A. P., & Awaru, A. O. T. (2018). Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Rumpun IPS Di SMA Negeri 11 Pangkep. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1–5.

Pramudyo, A. (2012). apabila citra dari perusahaan tidak diragukan lagi kredibelitasnya, maka pembelian tidak lagi melalui pengambilan keputusan yang panjang. JBMA, I(1).

RODIYANTI, E. V. A. (2017). PENGARUH JALUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU MELALUI SNMPTN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017.

Zebua, A. M., & Primanda, O. (2020). Perbedaan Kinerja Mengajar Guru Ditinjau dari Peringkat Akreditasi Lembaga (Studi Komparatif di MAN 1 dan MAN 2 Sungai Penuh. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(2), 204–215.


Article Metrics

Abstract view : 168 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Asrina Apricilia Asrul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.