IMPLEMENTASI PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI

Radhiyah A(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi penilaian aspek-aspek berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang dilakukan guru di SMA Negeri 2 Makassar. (2) hambatan guru dalam pengimplementasian penilaian aspek-aspek berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMA Negeri 2 Makassar. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 6 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria guru  yang sudah memiliki sertifikasi pendidik, guru yang mengajar di SMA 2 paling kurang 7 tahun, dan guru yang pernah mengikuti pelatihan HOTS. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif tipe deskriptif melalui empat tahap yaitu teknik analisis domain, teknik taksonomi, teknik analisis komponensial, teknik analisis kultural. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi penilaian aspek-aspek berbasis Higher order thinking skill (HOTS)adalah; a). Terjadinya transfer ilmu pengetahuan guru ke siswa dengan bentuk fasilitator (transfer of knowledge); b). adanya kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan kreatif; c). Terjadinya pelaksaan  problem solving bagi siswa. (2) hambatan guru dalam implementasi penilaian aspek-aspek berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMA Negeri 2 Makassar adalah; a). Kesulitan guru dalam menghadapi kemampuan siswa yang berbeda-beda; b).  Seringnya terjadi perubahan materi; c).  Keterampilan guru yang masih kurang.

 

 


Keywords


Implementasi; Penilaian Guru; HOTS

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ridwan. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Abi Hamid, Mustofa, and Dkk. 2020. Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Angraeny, Nety, and A Octamaya Tenri Awaru. 2018. “Upaya Guru Sosiologi Dalam Mengatasi Hambatan Penerapan Model-Model Pembelajaran Di Sma Negeri Kabupaten Polewali Mandar.” Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan: 74–78.

Astuti, Suhandi. 2017. “Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di SD Laboratorium UKSW.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 7(1): 49–59.

Daryanto, Karim, and Drs Syaiful Karim. “S.(2017) Pembelajaran Abad 21.” Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Harefa, Darmawan, and Tatema Telaumbanua. 2020. Belajar Berpikir Dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan: Kajian Untuk Akademis. Insan Cendekia Mandiri.

Hendriawan, Deri. 2019. “Penerapan Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi 2(2): 72–85.

Karwono & Mularsih, Heni. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar.” Depok: Rajagrafindo Persada: 19–23.

Mawati, Arin Tentrem et al. 2020. Inovasi Pendidikan: Konsep, Proses Dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.

Palupi, Dyah Tri. 2016. “Cara Mudah Memahami Kurikulum.” Surabaya: Jaring Pena.

Sani, Ridwan Abdullah. 2019. 1 Pembelajaran Berbasis Hots Edisi Revisi: Higher Order Thinking Skills. Tira Smart.


Article Metrics

Abstract view : 381 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Radhiyah U

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.