PENERAPAN PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SMA NEGERI 11 ENREKANG

Dwi HAS TUTI(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan . 1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran abad 21 di SMA Negeri 11 Enrekang. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran abad 21 di SMA Negeri 11 Enrekang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yaitu: pengmpulan data, mereduksi data, mendisplay data, dan menarik kesimpulan dari verifikasi. Teknik pengabsahan data dengan menggunakan metode member check. Hasil penelitian menunjukkan 1) penerapan pembelajaran abad 21 berbasis HOTS dengan menggunakan pendekatan TPACK di SMA Negeri 11 Enrekang telah berjalan efektif dan peserta didik telah memiliki kemampuan-kemampuan yang menjadi tuntutan dipembelajaran abad 21 berbasis HOTS 2) Faktor penghambat seperti guru yang masih kaku dalam mengsinkronkan antara RPP dengan pelaksanaan pembelajaran abad 21, sebagian guru masih kurang lancar dalam menjalankan komputer, media pembelajaran masih kurang seperti LCD dan buku paket, akses internet yang masih sangat sulit,. Adapun faktor pendukungnya seperti dukungan dari pemerintah, serta alam yang selalu menyediakan sumber dayanya sebagai pengganti sebagian media pembelajaran yang belum ada atau sulit didapatkan.


Keywords


Pembelajaran Abad 21; berbasis HOTS; Pendekatan TPACK

Full Text:

PDF

References


Astutik, P., & Hariyati, N. (n.d.). Peran Guru dan Strategi Pembelajaran dalam Penerapan Keterampilan Abad 21 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang. Guepedia.

Juliani, J., & Nurhamlin, N. (2017). Fungsi Keluarga dalam Pasangan Menikah Usia Dini (Studi Kasus Kelurahan Tebing Tinggi Okura Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru). Riau University.

Kurniati, E., & Rachmawati, Y. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak–Kanak. Kencana, Jakarta.

Lubis, M. J., & Jaya, I. (2019). Komitmen Membangun Pendidikan (Tinjauan Krisis Hingga Perbaikan Menurut Teori). Cv. Pusdikra Mitra Jaya.

Martini, E. (2018). Membangun karakter generasi muda melalui model pembelajaran berbasis kecakapan abad 21. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 3(2), 21–27.

MUKAROMAH, I. (2018). POLA KOMUNIKASI FORUM SILATURRAHIM RISMA CIWANDAN DALAM MEMPERTAHANKAN SOLIDARITAS ANGGOTA (Studi Kasus Risma Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon). Universitas Islam Negeri" Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

Mulyadi, M., Zulkarnain, I., & Laugu, N. (2019). Adaptasi pustakawan dalam menghadapi kemajuan teknologi. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(2), 163–174.

Qomariyah, E. N. (2017). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(2), 132–141.

Saefullah, A., Fakhturrokhman, M., Oktarisa, Y., Arsy, R. D., Rosdiana, H., Gustiono, V., & Indriyanto, S. (2018). Rancang Bangun Alat Praktikum Hukum Ohm Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills). Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(2).

Saputri, A. C., Sajidan, S., & Rinanto, Y. (2017). Identifikasi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi Menggunakan Window Shopping. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 131–135.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).

Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., & Sahir, S. H. (2019). E-learning: Implementasi, strategi dan inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Simatupang, H. (2019). Strategi Belajar Mengajar Abad Ke‐21. Pustaka Media Guru.

Umam, K. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 57–61.

Wening, M. H., & Santosa, A. B. (2020). Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam menghadapi era digital 4.0. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 56–64.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263–278.

Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274–285.


Article Metrics

Abstract view : 630 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dwi HAS TUTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.