PENERAPAN PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING KOMUNITAS PADA ANAK DI PRIMAGAMA MAKASSAR

Nuraeni Mansur(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2), Supriadi Torro(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Alasan orangtua dan anak memilih homeschooling di Primagama Makassar, dan 2) Penerapan pembelajaran anak pada homeschooling di Primagama Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik dalam menentukan informan menggunakan snowball sampling, dengan informan yaitu siswa homeschooling Primagama Makassar. Jumlah informan sebanyak 4 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Alasan orangtua dan anak memilih homeschooling di Primagama Makassar adalah: a) Bullying  (perundungan atau cemoohan) (b) Tindakan kekerasan di sekolah. (c) Bakat dan minat tidak dikembangkan di sekolah formal. (d)  Lingkungan sekolah kurang kondusif. 2) Penerapan pembelajaran anak pada homeschooling di Primagama Makassar adalah: a) Kurikulum dan materi, berupa kurikulum 2013 seperti yang dipakai pada sekolah formal. b) Model belajar yaitu school at home dan classical approach dan c) Evaluasi pembelajaran berupa pelaksanaan ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester maupun ujian nasional.


Keywords


Kata Kunci: Penerapan pembelajaran, homeschooling komunitas, anak.

Full Text:

PDF

References


Ariefianto, Lutfi. 2017. Homeschooling, Persepsi, Latar Belakang dan Problematikanya (Studi Kasus pada Peserta Didik di Homeschooling Kabupaten Jember). Skripsi. S1. Jember: Universitas Jember.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Buku Pintar Homeschooling.Yogyakarta: FlashBooks

Hanaco, Indah. 2009. I Love Homeschooling Segala Sesuatu Yang Harus Diketahui Tentang Homeschooling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Imas, Kurniasih. 2009. Homeschooling. Yogyakarta: Cakrawala

Saptarini, Yustina. 2009. Kekerasan Dalam Lembaga Pendidikan Formal (Studi Mengenai Kekerasan Oleh Guru Terhadap Siswa Sekolah Dasar di Surakarta. Skripsi S1. Surakarta. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumardiono, Aar.dkk. 2009. Warna-Warni Homeschooling. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sumardiono. 2014. Apa Itu Homeschooling. Jakarta Selatan: PandaMedia

Supriadi Torro, 2018. A. Study on Homescholing in Makassar South Sulawesi, IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) e- ISSN: 2320 –7388,p-ISSN: 2320–737X Volume 8, Issue 2 Ver. IV (Mar. – Apr. 2018), PP 66-71www.iosrjournals.org

Wahyudi, Angga Ditya. 2018. Analisis Motivasi Orangtua Memilih Homeschooling. Skripsi S1. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Wrong, Dennis. 2003. Max Weber Sebuah Khazanah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract view : 194 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nuraeni Mansur, M. Ridwan Said Ahmad, Supriadi Torro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.