Penerapan Metode Pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SDN 105 Pinrang

Hasnah Hasnah(1*), Abd Halik(2), Dewi Anwar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i1.47566

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya membaca pemahaman dan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 105 Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan meningkatkan proses belajar membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN 105 Pinrang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 105 Pinrang dengan jumlah siswa 12 orang siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Fokus dalam penelitian ini adalah fokus proses dan fokus hasil penelitian dengan penerapan metode PQ4R. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa siklus I aktivitas mengajar guru dapat dikategorikan cukup (C), observasi aktivitas belajar siswa dalam kategori cukup (C). Pada siklus II aktivitas mengajar guru dapat dikategorikan baik (B), aktivitas belajar siswa dalam kategori baik (B). Penerapan metode PQ4R dapat meningkatkan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 105 Pinrang

Keywords


Metode PQ4R, Membaca Pemahaman, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35.

Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295–300.

Fitrah, N., & Lutfiyah. (2017). Metodologi Penelitian Penelitian Kualitati, Tindakan Kelas & Studi Kasus. CV Jejak.

Hasnah, H., Fajar, F., & Syafruddin, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 57 Parepare. Publikasi Pendidikan, 7(2), 114–118.

Ilmi, N. (2021). Analisis Pragmatik Imperatif Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. JIKAP PGSD. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 154–160.

Israwaty, I., Fajar, & Muliasari, V. (2020). Penerapan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) : Experiment Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Macam-macam Gaya di Kelas IV UPT SDN 62 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, 1, 6.

Krismanto, W., Halik, A., & Sayidiman, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3R) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 46 Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3).

Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (JPPKn), 10.

Nurjanah. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dengan Menerapkan Metode Inkuiri Siswa Kelas V Sd Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. , 6(2), 107–110. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(2).

Yulia, Shasliani, & Isnawati. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Savi ( Somatic , Auditory , Visual dan Intellectualy ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV UPT SDN 106 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol.20(30).


Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dewi Anwar, Hasnah Hasnah, Abd Halik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks