Penggunaan Media Kartu Kuartet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Keberagaman Budaya di Indonesia Kelas IV SD Negeri 5 Mojong

Lukman Lukman(1*), Abdul Hakim(2), Sri Devi Arifin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i1.46594

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media kKartu Kuartet untuk meningkatkan proses dan hasil belajar tentang keberagaman budaya di Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 5 Mojong. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 20 siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 8  perempuan di SD Negeri 5 Mojong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang diolah secara kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh hasil penelitian pada siklus I menunjukkan proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C) sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran meningkat menjadi kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Kartu Kuartet dapat meningkatkan proses belajar dan hasil belajar siswa tentang keberagaman suku dan budaya di Indonesia kelas IV SD Negeri 5 Mojong.

Kata kunci: Media Kartu Kuartet, Proses, Hasil Belajar


Keywords


Media Kartu Kuartet; Proses; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Antara, M., & Vairagya, M. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inspirasi Inovasi. Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA), 1–24. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/db7cc0c7f6477f8e3a4b9e813a75a1a2.pdf

Djamarah, Z. (2014). Strategi Belajar Mengajar (5th ed.). Rineka Cipta. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=11794

Giwangsa, S. F. (2021). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 40–48. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i1.3992

Halik, A., & Hakim, A. (2020). Pengaruh Pengguaan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Negeri 55 Parepare. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 2(1), 27–34.

Krismanto, W., Halik, A., & Sayidiman, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3R) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 46 Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1616

Magdalena, I., Fajriyati Islami, N., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Magdalena, I., Nadya, R., Prahastiwi, W., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Analisis Penggunaan Jenis-Jenis Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sd Negeri Bunder Iii. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(2), 377–386. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Morelent, Y., & Syofiani. (2015). Jurnal gramatika. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2, 141–152. http://dx.doi.org/10.22202/ g.2015.v1i2.1234

Nursa’adah, F. P. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Sikap Siswa pada Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2), 112–123. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i2.145

Parawangsa, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Hakikat Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8050–8054. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2297

Pradita, A., Lukman, L., & Hakim, A. (2021). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat DiKabupaten Enrekang. Pinisi Journal of Education, 1(1), 170–186. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/27134%0Ahttps://ojs.unm.ac.id/PJE/article/viewFile/27134/13566

Roshayanti, F., Priyanto, W., & Istikholah. (2019). Pengaruh Kartu Kuartet Dalam Model Pembelajaran Stad Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa. Journal of Education Technology, 3, 253–259.

Samsiyah, S., Hermansyah, & Kuswidyanarko, A. (2021). Efektivitas Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 5(2), 119–126.

Setiyorini, I., & Abdullah, M. H. (2013). Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (2), 1–10.

Syaripudin, A., Gusrayani, D., & Hanifah, N. (2017). Penggunaan Media Kuartet Cerdas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 1180–1189.

Tuken, Ritha. (2013). Alat Bantu Dan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Yang Studi Lanjut Di Pgsd Upp Parepare. Iii(1).

Yudi Marihot, Sapta Sari, dan A. E. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA): Vol. Vol. 1 (Issue March).


Article Metrics

Abstract view : 401 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Devi Arifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : [email protected]

Terindeks