Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat Kelas V UPTD SD Negeri 57 Parepare

Ritha Tuken(1), Natriani Syam(2), Annur Hidayah(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i1.46068

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh  data awal yang didapatkan yaitu hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri 57 Parepare yang belum mencapai Standar Ketuntasan Belajar Minimal yang telah ditetapkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah yang hendak diteliti yaitu (1) Bagaimanakan penerapan pendekatan kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan proses belajar tentang keberagaman sosial budaya masyarakat di kelas V UPTD SD Negeri 57 Parepare; (2) Apakah pendekatan pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pada materi keberagaman sosial budaya masyarakat di kelas V UPTD  SD Negeri 57 Parepare. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa  kelas V yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, lembar tes dan juga dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu pada siklus I  menunjukkan hasil proses pembelajaran dengan kategori cukup sehingga dilanjutkan pada siklus II yang mendapatkan hasil proses pembelajaran dengan kategori baik.

Keywords


pendekatan kooperatif tipe jigsaw; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Rahman. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas XI SMKS AMSIR 1 Parepare.” Jurnal Pendidikan BUM 4(1): 1112–26.

Alfitry, Shilfia. 2020. Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi Dalam Pembelajaran Konsep Motivasi Prestasi Belajar. Guepedia.

Anitra, Rien. 2021. “Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 6(1): 8.

Apridawati. 2022. Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Penerbit P4I.

Arifin. 2022. Buku Ajar Strategi Pembelajaran. umsu press.

Djabba, Rasmi, and Ritha Tuken. 2022. “JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numberead Head Together Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD Negeri 3 Passeno.” Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 6(3): 566–70.

Fatirani,. 2022. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Sistem Ekskresi Manusia. Penerbit P4I.

Fitria, dan Indra. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan dan Literasi Sains. Deepublish

Gaffar, Abdul. 2020. The Development of Islamic Thought on Multiple Perspectives. Al-Khairat Press.

Gunawan, Arief et al. 2019. “Pengaruh Model Jigsaw.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 8(9)

Halik, Abdul, Nur Ilmi, Muh Faisal, and Nur Fadhilla. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 150 Barru.” J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology 4(2): 122–29.

Harianja, et al. 2022. Tipe-Tipe Model Pembelajaran Kooperatif. Yayasan Kita Menulis.

Irawan, Purna et al. 2022. Model-Model Pembelajaran. Yayasan Pendidikan Cendekia Muslim.

Israwaty, Ila, dan Muliasari. 2020. “Penerapan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) : Experiment Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya Di Kelas IV UPT SDN 62 Pinrang.” Jurnal Publikasi Pendidikan 10(10): 1–6.

Julhadi, dan Kholik. 2021. Hasil Belajar Peserta Didik: Ditinjau Dari Media Komputer Dan Motivasi. Edu Publisher.

Mikrayanti. 2020. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika) 4(1): 33–39.

Nurcahyo, Adi. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Arias Diintegrasikan Dengan Pembelajaran Kooperatif STAD. Global Aksara Pers.

Nuridayanti. 2022. Mengembangkan Motivasi Dan Hasil Belajar Dengan Pendekatan Problem Posing. Penerbit NEM.

Panggabean, S et al. 2021. Konsep Dan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita

Pandiangan. 2019. Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.

Pianda. 2018. Strategi & Implementasi Pembelajaran Matematika Di Depan Kelas. CV Jejak (Jejak Publisher).

Prastiyo. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Kooperatif Jigsaw pada Materi Pecahan Di Kelas V SDN Sepanjang 2. CV Kekata Group.

Putra, Angga. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Sekolah Dasar. Jakad Media Publishing.

Putu, I et al. 2022. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Deepublish.

Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maula, and Din Azwar Uswatun. 2020. “Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar .” Jurnal Basicedu 4(4): 861–72.

Ramadhani, et al. 2020. Metode Dan Teknik Pembelajaran Inovatif. Yayasan Kita Menulis.

Septantiningtyas dan Husain. 2019. PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penerbit Lakeisha.

Sumendap. 2022. 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat Penerbitan

Simarmata, et al. 2021. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Sitorus, dan Harahap. 2019. Gerakan Inovasi Mendidik BerkarakteR. Swalova Publishing.

Suanti dan Gusril. 2022. Pengembangan Pembelajaran Tahfizh Melalui Pendekatan Tafhim Di Sekolah Tinggi Agama Islam Pengembangan Ilmu Al-Qur’an (Stai-Piq) Sumatera Barat. uwais inspirasi indonesia.

Sukamti. 2021. BPSC Modul PPKn SD/MI Kelas VI: Buku Pendamping Siswa Cerdas Modul PPKn + Kunci Jawaban. Bumi Aksara.

Sutiah. 2020. Budaya Belajar Dan Inovasi Pembelajaran PAI. NLC.

Syam, Nur 2019. “DIKDAS MATAPPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar vol 2 no 1(april): 17–24.

Tuken, Ritha. 2012. “Peningkatan Pembelajaran PKN Tentang Hidup Rukun Dalam Perbedaan Melalui Pendekatan Induktif Pada Siswa Kelas I SDN No. 84 Kota Parepare.” Publikasi pendidikan 2(1): 54–58.

Toharudin. 2021. Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Aplikasinya untuk Pendidik Yang Profesional. Penerbit Lakeisha.

Wartini, Isti. 2021. Jigsaw Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD. Penerbit YLGI.

Wahyuningsih, E S. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.

Zaki, Ahmad. Strategi Pembelajaran Fiqih. Cv. Pusdikra Mitra Jaya


Article Metrics

Abstract view : 187 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ritha Tuken, Natriani Syam, Annur Hidayah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : [email protected]

Terindeks