Penerapan Teknik Akrostik dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV UPTD SPf SD Negeri 3 Lemba Soppeng

Abd Halik(1*), Nur Ilmi(2), Annisa Ika Saputri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i1.46067

Abstract


Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV UPTD SPF SD Negeri 3 Lemba Soppeng melalui teknik akrostik. Pelaksanaan tindakan ini dilakukan selama 2 siklus diawali dengan kegiatan prasiklus kemudian masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase keberhasilan siswa peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi belajar tiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPTD SPF SD Negeri 3 Lemba Soppeng tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 13 siswa laki-lakidan 5 siswa perempuan. Data yang digunakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II, diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 79,18untuk siklus I, dan nilai rata-rata siswa sebesar 86,77 untuk siklus II. Kemudian pada siklus I sebanyak 9 siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar minimal, sedangkan pada siklus II sebanyak 15 siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar minimal. Hal ini menunjukkan keterampilan menulis puisi siswa khususnya dengan menggunakan teknik akrostikpada siswa kelas IV UPTD SPF SD Negeri 3 Lemba Soppeng mengalami peningkatan.


Keywords


Teknik Akrostik, Keterampilan Menulis Puisi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 113 times | PDF view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Ilmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : [email protected]

Terindeks