Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Muatan IPA di Kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru

Ila Israwaty(1*), Muhammad Asrul Sultan(2), Aldi Alwi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i1.45975

Abstract


Studi ini mengkaji penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar tentang materi perubahan sifat benda di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar muatan IPA siswa di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan proses pembelajaran tentang materi perubahan sifat benda di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru dan apakah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi perubahan sifat benda di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan proses dan hasil belajar tentang materi perubahan sifat benda di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 13 orang siswa dan seorang guru kelas di UPTD SD Negeri 111 Baru. Penelitian ini fokus pada proses dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi guru dan siswa, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada siklus I hasil observasi guru berada pada kategori cukup (C), untuk hasil observasi siswa berada pada kategori cukup (C) dan hasil tes belajar siswa menunjukkan ketuntasan 30,76% dari nilai rata-rata 69,23. Pada siklus II hasil observasi guru berada pada kategori baik (B), untuk hasil observasi siswa berada pada kategori baik (B) dan hasil tes belajar siswa menunjukkan ketuntasan 84,61% dari nilai rata-rata 85,38. Kesimpulannya yaitu peneitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tentang materi perubahan sifat benda di kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru.

 

Kata kunci: Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Hasil belajar

 


Keywords


Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Aqaib, Zainal, dan Chotibuddin. 2018. Teori Dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV. Rudi Utama.

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, & Nafia’ahal. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408–416.

Gunawan, B., Cristian Relmasira, S., & Tyas Asri Hardini, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas V SD. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1), 32–46.

Maisarah. (2020). PTK dan Manfaatnya Bagi Guru. Bandung : Penerbit Media Sains Indonesia.

Manab, Abdul. 2015. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Yogyakarta: Kalimedia.

Nurhadiyati, A., Rusdinal, & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta : Deepulish Publisher.

Rukminingsih, A. G. dan L. M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erkha Utama.

Santoso, P. D. T. (2022). Rancangan Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 pada Materi Penguat Audio dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di SMKN 1 Adiwerna. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 276–287.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., Tyas, A., & Hardini, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54.

Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK Era 4.0. Yogyakarta : Deepulish Publisher.


Article Metrics

Abstract view : 1731 times | PDF view : 202 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ila Israwaty, Muhammad Asrul Sultan, Aldi Alwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : [email protected]

Terindeks