Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Organ Pernapasan pada Manusia dan Hewan Kelas V SD Negeri 143 Limpotenga Kabupaten Soppeng .

Muslimin Muslimin(1*), Rasmi Djabba(2), Putra Dwi Purnama(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i1.45901

Abstract


Permasalahan dalam Penelitian ini yaitu hasil belajar siswa yang belum mencapai SKBM di kelas V SD Negeri 143 Limpotenga. Masalah dalam Penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang Organ Pernapasan pada Manusia dan Hewan di kelas V SD Negeri 143 Limpotenga. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe take and give tentang Organ Pernapasan pada Manusia dan Hewan di kelas V SD Negeri 143 Limpotenga. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan Tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pratindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencenaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 143 Limpotenga yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 7 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh, hasil peenelitian pada siklus I menunjukkan proses pembelajaran aktifitas guru berada pada kualifikasi cukup (C) sedangkan observasi aktifitas siswa berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran observasi aktifitas guru meningkat menjadi kualifikasi baik (B) sedangkan observasi aktifitas siswa berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar juga meningkst menjadi kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang organ pernapasan pada manusia dan hewan di kelas V SD Negeri 143 Limpotenga Kab. Soppeng.

Kata kunci: Model Kooperatif Take and Give, Proses Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Aningsih & Yosa, M. (2021). Peranan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Take and Give Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar pada Materi Sumber Daya Alam. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 9(2)

Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Djabba, R. (2022) Penerapan Model Learning Cycle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD. Jurnal Pendidkikan & Pembelajaran Sekolah Dasar. 2(2). 286-292.

Habibati. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Halik, A., Sayidiman, & Sultan, M., A. 2017.

Hubungan Gaya Belajar Mahasiswa

dengan Prestasi Belajar Mahasiswa pada

Kampus V UNM PGSD Parepare pada

Mata Kuliah Bahasa Inggris. Jurnal

Publikasi Pendidikan, 7(1), 25-30.

Mawardi Pitalis, B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah dan Best Practice. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.

Muthmainnah. 2022. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Bandung: CV. Media Sains Indonesia

Nirmayanti, N., & Desyandri, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Menggunakan Model Take and Give di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut, Kota Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 44–57.

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Udayanti, S.I & Nanci Riastini, P. (2017). Penerapan Metode Take and Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV A. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1). 51.


Article Metrics

Abstract view : 137 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muslimin Muslimin, Rasmi Djabba Djabba, Putra Dwi Purnama Purnama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : [email protected]

Terindeks