Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Matematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 51 Parepare

Musfirah Musfirah(1*), St Maryam M(2), Kresensia Somi Blikon(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v2i1.43751

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative tipe Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran matematika tentang penyajian data dalam meningkatkan hasil  belajar siswa di kelas V UPTD SD Negeri 51 Parepare dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative tipe Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran matematika tentang penyajian data di kelas V UPTD SD Negeri 51 Parepare. Pendekatan yang digunakan dalam penelitin ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan yaitu  penelitian tindakan kelas (PTK) Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 dengan subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan 20 siswa-siswi kelas V yang terdiri dari 13 orang siswa perempuan dan 7 orang siswa laki-laki di UPTD SD Negeri 51 Parepare. Fokus pada penelitian ini yaitu fokus proses dan fokus hasil. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada setiap siklus dilaksanakan 1 kali pertemuan. Prosedur penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu berupa lembar obsevasi, tes, dan dokumentasi. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) sedangkan hasil tes evaluasi siklus I berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes evaluasi siklus II berada pada kualifikasi baik (B). Berdasarkan analisis data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran cooperative tipe contextual teaching and learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V UPTD SD Negeri 51 Parepare.


Keywords


model pembelajaran cooperative tipe contextual teaching and learning, proses pembelajaran, hasil belajar, dan matematika.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 105 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kresensia Somi Blikon, Musfirah Musfirah Musfirah, St Maryam M

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : [email protected]

Terindeks