Meningkatkan Hasil Belajar Teks Deksripsi dengan Menggunakan Pembelajaran Model Discovery Learning

Samsul Samsul(1*),

(1) Diknas Barru
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i3.39307

Abstract


Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas dari Kemmis dan Taggart (dalam Sugiarti, 1997: 6), yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi), terdiri tiga siklus, setiap siklus terdapat 3 kali pertemuan pemberian tindakan dan 1 kali pemberian tes akhir siklus. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VII SMPN 2 Pujananting yang berjumlah 15 orang peserta didik, yaitu 6 orang perempuan dan 9 orang laki-laki. Data penelitian diperoleh dari lembah hasil penilaian tes tertulis setiap akhir siklus, lembar hasil observasi kemampuan guru dan lembar hasil observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar teks deskripsi adalah meningkat kualitas rerata selisih 10,40% dan meningkat kategori baik dengan skor rerata 83,47 siklus tiga dari kurang siklus dua dengan skor 73,07, dengan ketuntasan belajar standar KKM klasikal 80% siswa yang mencapai nilai KKM 75. (2) Dukungan kemampuan guru minigkat selisih 19,44% siklus tiga persentase skor 79,16% kategori baik, dari siklus dua persentase skor 59,72% kategori cukup. (3) Dukungan aktivitas belajar siswa meningkat selisih 17,40% meningkat kategori baik siklus tiga persentase skor 76,57%, kategori cukup dari siklus dua persentase skor 59,17%.


Keywords


Hasil belajar, teks deskripsi dan model Discovery Learning.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi Ke IV. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2015. Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Direktorat pembinaan sekolah menengah pertama. Direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. Bahasa Indonesia. Buku Guru SMP/MTs Kelas VII. Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. Bahasa Indonesia. Buku Siswa SMP/MTs Kelas VII. Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniasih., Sani. 2014. Strategi-Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Milles., Huberman. 1992. Analisis Data kualitatif. Terjemahan Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Purwanto, Ngalim. 2002. Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung: Remaja Karya.

Soedarsono, F.X. 1996/1997. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rencana, Desain, dan Implementasi. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tumurun, Wahyu, Septian. 2016. Model Pembelajaran Discovery Learning, Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1. Maret-Agustus 2016.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.

Usman, User, Muhammad. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widoyoko, Putro, Eko, S. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yokyakarta: Pustaka pelajar.

Yandianto. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung: M2s Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 66 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Samsul Saamsul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks