PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE SOMATIC, A U- DITORY, VISUAL, INTELECTUAL (SAVI) U NTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN KELAS V UPTD SDN 34 PAREPARE

Rasmi Djabba(1*), Lukman Ali(2), Nurjanna Julianti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i3.39164

Abstract


Permasalahan pada penelitian ini yaitu, hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 34 Parepare yang belum mencapai standar ketuntasan belajar yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran k ooperatif t ipe SAVI Kelas V UPTD SDN 34 Parepare. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif da n jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diaw ali dengan kegiatan pra penelitian kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observ asi, dan refleksi. Untuk mengetahui tingkat persentase proses dan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 34 Parepare pada t ahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 31 orang siswa terdiri dari 20 orang laki laki dan 11 orang perempuan. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Teknik an alisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II bahwa diperoleh hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup, dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model Kooperatif Tipe SAVI dapat meningkatkan proses belajar dan hasil belajar siswa pada materi zat tunggal dan campuran kelas V UPTD SDN 34 Parepare.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2016).

Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: PT

Bumi Aksara.

Damayanti, I., &

Mintohari. (2014).

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar.

JPGSD , 2 .

Dewi, P. Y. A., Kusumawati, N., Pratiwi, E.

N., Sukiastini, I. G. A. N. K., Arifin, M.

M., Nisa, R., … Masnur. (2021). Te ori

dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI .

Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad

Zaini.

Djabba, R., & Halik, A. (2019). Penerapan

Model Quantum Learning Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa

Di Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi

Pendidikan , 9

Djamarah, S. B.,

& Zain, A. (2014). Strategi

Belajar Mengajar . Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Fardhilah, N. (2019).

Memahami Unsur,

Senyawa Dan Campuran . Jawa Tengah:

Alprin. Halik, A., Ilmi, N., & Azis, A.

(2021). Penerapan Model

Pemebelajaran Somatic Audiotory

Visual Intelect ual untuk Meningkatkan

Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V

UPTD SD Negeri 1 Parepare. Seminar

Nasional Hasil Penelitian

Halik, A., Israwaty, I., & Monalisa. (2019).

Penerapan Metode Directed Reading

Thingking Activity ( Drta ) Untuk

Meningkatkan Hasil Be lajar Bahasa

Indonesia Siswa Kelas V Sdn 65

Parepare Practice Of Directed Reading

Thingking Activity ( Drta ) Method To

Improve Study Result Of Indonesian

Learning St. Jurnal Nalar Pendidikan ,

. Hasan, K., Nurjannah. (2021).

ISSN:xxxx-xxxx

Pengaruh Penerapan Model

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Soppeng. Kabupaten Soppeng. Pinisi Journal Of Pinisi Journal Of EducEduc, , 11(2), 81(2), 81––92.92.

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018).

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). ModelModel--Model Pembelajaran Model Pembelajaran MatematikaMatematika. Jakarta: Sinar Grafi. Jakarta: Sinar Grafika ka Offset.Offset.

Khadijah, S. A., Hasan, K. H., & Pasinggi, Y.

Khadijah, S. A., Hasan, K. H., & Pasinggi, Y. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media PopPop--Up Book Terhadap Hasil Belajar Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kabupaten Pinrang. Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal Of Pinisi Journal Of EducationEducation, , 11..

Mardiyah, A., Pasinggi, Y. S., & Shaslian

Mardiyah, A., Pasinggi, Y. S., & Shasliani. i. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Kooperatif Tipe Team Assisted Individually ( TAI ) Terhadap Hasil Individually ( TAI ) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Belajar Matematika. Pinisi Journal Of Pinisi Journal Of EducationEducation, , 11(1).(1).

Maulana, Djuanda, D., Hanifah, N., Sujana,

Maulana, Djuanda, D., Hanifah, N., Sujana, A., Gusrayani, D., Aeni, A. N., … A., Gusrayani, D., Aeni, A. N., … Lichteria. (2015). Lichteria. (2015). Ragam Model Ragam Model Pembelajaran Di Sekolah DasarPembelajaran Di Sekolah Dasar. . Sumedang: UPI Sumedang Press.Sumedang: UPI Sumedang Press.

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., &

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Model Pembelajaran Savi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar. Jurnal BasiceduJurnal Basicedu, , 55(4), (4), 26172617––2625.2625.

Ningrum, E. (2014).

Ningrum, E. (2014). Penelitian Tindakan Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Praktis Dan ContohKelas: Panduan Praktis Dan Contoh. . Yogyakarta: Ombak.Yogyakarta: Ombak.

Novita, L., & Novianty, A. (2019). Pengaruh

Novita, L., & Novianty, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. Campuran. JTIEEJTIEE, , 33(1), 46(1), 46––53. Octavia, 53. Octavia, S. A. (2020). S. A. (2020). ModelModel--Model Model PembelajaranPembelajaran. Yogyakarta: CV Budi . Yogyakarta: CV Budi Utama.Utama.

Paryanto. (2020).

Paryanto. (2020). Implementasi Model Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) (Student Teams Achievement Division) untuk Pelajaran Passing dalam untuk Pelajaran Passing dalam Permainan Bola VoliPermainan Bola Voli. Malang: . Malang: Ahlimedia Press.Ahlimedia Press.

Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R.

Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran (2019). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Untuk Meningkatkan Aktivitas SAVI Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Jurnal Pendidikan Guru Sekolah DasarSekolah Dasar, , 44, 102, 102––111.111.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019).

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Metode Penelitian KualitatiPenelitian Kualitatif Di Bidang f Di Bidang PendidikanPendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Subair, A., Lukman, & Shasliani. (2021).

Subair, A., Lukman, & Shasliani. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Student Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining ( Sfae ) Facilitator and Explaining ( Sfae ) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V UPTD SDN 145 Siswa di Kelas V UPTD SDN 145 Barru. Barru. Seminar Nasional HasilSeminar Nasional Hasil Penelitian 2021Penelitian 2021..

Sugesti, I. J., Simamora, R., & Yarmayani, A.

Sugesti, I. J., Simamora, R., & Yarmayani, A. (2018). Perbandingan Kemampuan (2018). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran SAVI Dan Model Pembelajaran SAVI Dan Model Pembelajaran Langsung Siswa Kelas VIII SMPN 2 Langsung Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kuala Tungkal. Kuala Tungkal. Jurnal Pendidikan Jurnal Pendidikan MaatematMaatematikaika, , 22, 14, 14––22.22.

Sugiyono. (2013).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&DKuantitatif Kualitatif Dan R&D. . Bandung: Alfabeta.Bandung: Alfabeta.

Sujana, A. (2014).

Sujana, A. (2014). DasarDasar--Dasar IPA: Konsep Dasar IPA: Konsep Dan AplikasinyaDan Aplikasinya. Bandung: UPI . Bandung: UPI PRESS.PRESS.

Tamah, S. M. (2017).

Tamah, S. M. (2017). PernakPernak--Pernik Kerja Pernik Kerja Kelompok Berbasis Pembelajaran Kelompok Berbasis Pembelajaran KooperatifKooperatif. Surabaya: Universitas . Surabaya: Universitas Katolik. Tampubolon, S. (2014). Katolik. Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Dan Pengembangan Profesi Pendidik Dan KeilmuanKeilmuan. Jakarta: Erlangga.. Jakarta: Erlangga.

Undang

Undang--Undang Republik Indonesia Nomor Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan DosenDosen. (n.d.).. (n.d.).

Undang

Undang--UUndang Republik Indonesia Nomor ndang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan NasionalPendidikan Nasional. (n.d.).. (n.d.).

Wijaya, D. (2018).

Wijaya, D. (2018). Taktik Tocker Kuasai IPA Taktik Tocker Kuasai IPA SD/MI Kelas VSD/MI Kelas V. Yogyakarta. Yogyakarta:Laksana.:Laksana.


Article Metrics

Abstract view : 95 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rasmi Djabba, Lukman Ali, Nurjanna Julianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks