PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE SOMATIC, A U- DITORY, VISUAL, INTELECTUAL (SAVI) U NTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN KELAS V UPTD SDN 34 PAREPARE
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2016).
Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: PT
Bumi Aksara.
Damayanti, I., &
Mintohari. (2014).
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar.
JPGSD , 2 .
Dewi, P. Y. A., Kusumawati, N., Pratiwi, E.
N., Sukiastini, I. G. A. N. K., Arifin, M.
M., Nisa, R., … Masnur. (2021). Te ori
dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI .
Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad
Zaini.
Djabba, R., & Halik, A. (2019). Penerapan
Model Quantum Learning Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa
Di Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi
Pendidikan , 9
Djamarah, S. B.,
& Zain, A. (2014). Strategi
Belajar Mengajar . Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Fardhilah, N. (2019).
Memahami Unsur,
Senyawa Dan Campuran . Jawa Tengah:
Alprin. Halik, A., Ilmi, N., & Azis, A.
(2021). Penerapan Model
Pemebelajaran Somatic Audiotory
Visual Intelect ual untuk Meningkatkan
Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V
UPTD SD Negeri 1 Parepare. Seminar
Nasional Hasil Penelitian
Halik, A., Israwaty, I., & Monalisa. (2019).
Penerapan Metode Directed Reading
Thingking Activity ( Drta ) Untuk
Meningkatkan Hasil Be lajar Bahasa
Indonesia Siswa Kelas V Sdn 65
Parepare Practice Of Directed Reading
Thingking Activity ( Drta ) Method To
Improve Study Result Of Indonesian
Learning St. Jurnal Nalar Pendidikan ,
. Hasan, K., Nurjannah. (2021).
ISSN:xxxx-xxxx
Pengaruh Penerapan Model
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Soppeng. Kabupaten Soppeng. Pinisi Journal Of Pinisi Journal Of EducEduc, , 11(2), 81(2), 81––92.92.
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018).
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). ModelModel--Model Pembelajaran Model Pembelajaran MatematikaMatematika. Jakarta: Sinar Grafi. Jakarta: Sinar Grafika ka Offset.Offset.
Khadijah, S. A., Hasan, K. H., & Pasinggi, Y.
Khadijah, S. A., Hasan, K. H., & Pasinggi, Y. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media PopPop--Up Book Terhadap Hasil Belajar Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kabupaten Pinrang. Kabupaten Pinrang. Pinisi Journal Of Pinisi Journal Of EducationEducation, , 11..
Mardiyah, A., Pasinggi, Y. S., & Shaslian
Mardiyah, A., Pasinggi, Y. S., & Shasliani. i. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Kooperatif Tipe Team Assisted Individually ( TAI ) Terhadap Hasil Individually ( TAI ) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Belajar Matematika. Pinisi Journal Of Pinisi Journal Of EducationEducation, , 11(1).(1).
Maulana, Djuanda, D., Hanifah, N., Sujana,
Maulana, Djuanda, D., Hanifah, N., Sujana, A., Gusrayani, D., Aeni, A. N., … A., Gusrayani, D., Aeni, A. N., … Lichteria. (2015). Lichteria. (2015). Ragam Model Ragam Model Pembelajaran Di Sekolah DasarPembelajaran Di Sekolah Dasar. . Sumedang: UPI Sumedang Press.Sumedang: UPI Sumedang Press.
Nainggolan, M., Tanjung, D. S., &
Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Terhadap Model Pembelajaran Savi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar. Jurnal BasiceduJurnal Basicedu, , 55(4), (4), 26172617––2625.2625.
Ningrum, E. (2014).
Ningrum, E. (2014). Penelitian Tindakan Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Praktis Dan ContohKelas: Panduan Praktis Dan Contoh. . Yogyakarta: Ombak.Yogyakarta: Ombak.
Novita, L., & Novianty, A. (2019). Pengaruh
Novita, L., & Novianty, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. Campuran. JTIEEJTIEE, , 33(1), 46(1), 46––53. Octavia, 53. Octavia, S. A. (2020). S. A. (2020). ModelModel--Model Model PembelajaranPembelajaran. Yogyakarta: CV Budi . Yogyakarta: CV Budi Utama.Utama.
Paryanto. (2020).
Paryanto. (2020). Implementasi Model Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) (Student Teams Achievement Division) untuk Pelajaran Passing dalam untuk Pelajaran Passing dalam Permainan Bola VoliPermainan Bola Voli. Malang: . Malang: Ahlimedia Press.Ahlimedia Press.
Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R.
Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran (2019). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Untuk Meningkatkan Aktivitas SAVI Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Jurnal Pendidikan Guru Sekolah DasarSekolah Dasar, , 44, 102, 102––111.111.
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019).
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Metode Penelitian KualitatiPenelitian Kualitatif Di Bidang f Di Bidang PendidikanPendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Subair, A., Lukman, & Shasliani. (2021).
Subair, A., Lukman, & Shasliani. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Student Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining ( Sfae ) Facilitator and Explaining ( Sfae ) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V UPTD SDN 145 Siswa di Kelas V UPTD SDN 145 Barru. Barru. Seminar Nasional HasilSeminar Nasional Hasil Penelitian 2021Penelitian 2021..
Sugesti, I. J., Simamora, R., & Yarmayani, A.
Sugesti, I. J., Simamora, R., & Yarmayani, A. (2018). Perbandingan Kemampuan (2018). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran SAVI Dan Model Pembelajaran SAVI Dan Model Pembelajaran Langsung Siswa Kelas VIII SMPN 2 Langsung Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kuala Tungkal. Kuala Tungkal. Jurnal Pendidikan Jurnal Pendidikan MaatematMaatematikaika, , 22, 14, 14––22.22.
Sugiyono. (2013).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&DKuantitatif Kualitatif Dan R&D. . Bandung: Alfabeta.Bandung: Alfabeta.
Sujana, A. (2014).
Sujana, A. (2014). DasarDasar--Dasar IPA: Konsep Dasar IPA: Konsep Dan AplikasinyaDan Aplikasinya. Bandung: UPI . Bandung: UPI PRESS.PRESS.
Tamah, S. M. (2017).
Tamah, S. M. (2017). PernakPernak--Pernik Kerja Pernik Kerja Kelompok Berbasis Pembelajaran Kelompok Berbasis Pembelajaran KooperatifKooperatif. Surabaya: Universitas . Surabaya: Universitas Katolik. Tampubolon, S. (2014). Katolik. Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik Dan Pengembangan Profesi Pendidik Dan KeilmuanKeilmuan. Jakarta: Erlangga.. Jakarta: Erlangga.
Undang
Undang--Undang Republik Indonesia Nomor Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan DosenDosen. (n.d.).. (n.d.).
Undang
Undang--UUndang Republik Indonesia Nomor ndang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan NasionalPendidikan Nasional. (n.d.).. (n.d.).
Wijaya, D. (2018).
Wijaya, D. (2018). Taktik Tocker Kuasai IPA Taktik Tocker Kuasai IPA SD/MI Kelas VSD/MI Kelas V. Yogyakarta. Yogyakarta:Laksana.:Laksana.
Article Metrics
Abstract view : 29 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rasmi Djabba, Lukman Ali, Nurjanna Julianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Program Studi PGSD UPP Parepare
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan
Email : juarajurnal@gmail.com
Terindeks