Pengaruh Penggunaan Media Tabel Milenium Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa UPT SDN 1 TONRONGE Kabupaten Sidenreng Rappang

Zaid Zainal(1*), Natriani Syam(2), Karina Made(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i3.38929

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa UPT SDN 1 Tonronge, Kabupaten Sidenreng Rappang dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media tabel milenium terhadap hasil belajar siswa kelas IV UPT SDN 1 Tonronge Kabupaten Sidenreng Rappang. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain Pre-Experimental dalam bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Jenis teknik sampling yang digunakan adalah sensus atau sampling total dengan jumlah sampel 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil statistik deskriptif diperoleh dari hasil tes pretest dengan nilai rata-rata 45,75 dan posttest dengan nilai rata-rata 82. Hasil analisis dengan menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan Sig (2-tailed) < 0,05 (0,000 < 0,005) sehingga 𝐻0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media tabel milenium berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV UPT SDN 1 Tonronge, Kabupaten Sidenreng Rappang. Kata kunci: Media tabel milenium; Hasil Belajar  

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Astriani, S.,A. 2018. Prinsip Dan Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran. Probalinggo: Universitas Nurul Jadid.

Astuti, Dian Fitri, Natriani Syam & Hairuddin. 2020. Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Stick Eskrim Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Negeri Selopukang. Phinisi Jurnal PGSD.Vol 2 (2) : 560

Aghni, R., I. 2018. Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntasi. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, 16(1).

Batubara, Hamdan, H. (2020). Media Pembelajaran Efektif.

Hakim, A., Israwaty, I., & Rustam, D., H. 2020. Penggunaan Media Video Pembelajaran pada Tema 2 tentang Kewajiban, Hak, dan Tanggung Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V UPT SD Negeri 228 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, 1-6

Indriana, D. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran. Jokjakarta: DIVA Press.

Lestari, E .,K. & Muhammand, R .,Y. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mindariyanti, E.N 2017. Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Tabel Milenium terhadap Hasil Belajar Materi Pengukuran Kelas 3 SD. Kota Magelang : Universitas Negeri Magelang

Netriwati, & Mai, S.,L. 2017. Media Pembelajaran Matematika. ALFABETA. May, 5.

Nurdin, I., & Hartati, S. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. Panduan Penelitian Eksperimen beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Priyatno, D. 2014. SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi Offset.

Rahmah, N. 2013. Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khawarizmi. Vol. 2. 3.

Ramlah, N. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 67 Model Parepare. Parepare: Universitas Negeri Makassar.

Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Safri, M., Sari, S. A., & Mariina. 2017. Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 107-113.

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Sinring, A., Saman, A., Pattaufi, & Amir, R. 2016. Panduan Penulisan Skripsi (Proposal, Skripsi, & Karyallmiah). Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Siyami. 2005. “Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan Pendekatan Kontekstual pada Pengajaran Geometri di Sekolah Dasar”. Skripsi. (Tidak Diterbitkan). Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunarti. 2013. “Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Pengukuran Berat Pada Siswa Kelas II SDN 2 Karanganom Kecamatan Durenan

Syahputra, E. 2020. S.nowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. Sukabumi: Hanura Publishing.

Yunarsi, D. A. 2021. Pengaruh Media Kartu Pembelajaran Pop-up Book terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Perpindahan Kalor, 1(1), 137- 144.

Yusuf, Yasin & Auliya, U. 2011. Sirkuit Pintar Melejitkan Kemampuan Matematika & Bahasa Inggris dengan Metode Ular Tangga.

Zainal, Zaid, Hasnah & Andi Jasriani. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Film Kartun Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 187 Pinrang. Jurnal Matematika,Sains, dan Pembelajarannya. Vol. 5 (1) :136


Article Metrics

Abstract view : 109 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zaid Zainal, Natriani Syam, Karina Made

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks