Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing tentang Gaya dan Gerak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV UPTD SD Negeri 51 Parepare

Fajar Fajar(1), St. Maryam M(2), Indri Lis Nandayani(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i3.38350

Abstract


Indri Lis Nandayani, 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing tentang Gaya dan Gerak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV UPTD SD Negeri 51 Parepare. Hasil Penelitian. Skripsi.Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hj. Fajar dan St Maryam M)

 

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu Bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing tentang Gaya dan Gerak siswa di kelas IV UPTD SD Negeri 51 Parepare dan Apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing tentang Gaya dan Gerak dapat meningkatan hasil belajar siswa di kelas IV UPTD SD Negeri 51 Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV UPTD SD Negeri 51 Parepare yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 6 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Fokus penelitian ini adalah fokus proses dan hasil belajar. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri 1 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data hasil penelitian pada siklus I hasil observasi guru berada pada kategori baik (B), hasil observasi siswa berada pada kategori cukup (C) dan hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan dengan nilai rata-rata 63. Pada siklus II hasil observasi guru berada pada kategori baik (B), hasil observasi siswa berada pada kategori baik (B) dan hasil belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan dengan nilai rata-rata 77. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang gaya dan IV UPTD SD Negeri 51Parepare.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing,gaya dan gerak,hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Ila Israwaty; Abdul Halik; Monalisa. (2019). Penerapan Metode Directed Reading Thingking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare.Jurnal Nalar Pendidikan, 7(2).

Maryam. M, S. (2015). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sdn 21 Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3).

Sisdiknas, U. (2003). Uu No 12 Tahun 2012 Pentang Pendidikan Tinggi. Uu Republik Indonesia, 1990, 12–30.

I Made Sudana. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu I. Mimbar Ilmu, 2(3), 9.

Setyaningsih1), L. A., & Rezkita2), S. (2019). Implementasi Dan Kendala Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Sekolah Dasar. Αγαη, 8(5), 55.

Data, A., & Arif, S. (n.d.). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Peserta Didik ( Meta-. 371–377.

Syam, N., Nurjannah, & , St. Maryam, M. (2017). Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. Publikasi Pendidikan, 7(1), 31.


Article Metrics

Abstract view : 89 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks