Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar tentang Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas V UPTD SPF SDN 20 Totakka Kecamatan Lalabata Kabupate Soppeng

Yulia Yulia(1*), Shasliani Shasliani(2), Leli Adiatma(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i2.38043

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPS siswa kelas V UPTD SPF SDN 20 Totakka yang masih rendah dan belum mencapai SKBM. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar tentang kegiatan ekonomi siswa kelas V UPTD SPF SDN 20 Totakka Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan  pendekatan kualitatif. Deskripsi fokus pada penelitian ini berupa proses dan hasil belajar. Pelaksanaan tindakan  dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri 1 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru (peneliti) dan  siswa kelas V yang berjumlah 24 orang. Berdasarkan data hasil penelitian pada siklus I menunjukkan proses pembelajaran berada pada kategori cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kategori kurang (K) sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran meningkat menjadi kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar tentang kegiatan ekonomi siswa kelas V UPTD SPF SDN 20 Totakka Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

Kata kunci: Teams Games Tournaments (TGT); hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan metode pembela-jaran. Semarang: Unissula Press.

Ahmad, A. K. (2017). Efektivitas Penera-pan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Matematika Re-alistik pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Patampanua Kabupaten Pinrang. Universitas Negeri Makas-sar.

Arischa, S. (2019). Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Keberhasilan Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 6(1), 1–15.

Fausiah, U. (2019). Peningkatan Aktivitas Belajar IPA dengan Model Teams Games Tournament (TGT) pada Pe-serta Didik Kelas IV MI Datok Sulaiman Kota Palopo. Institut Aga-ma Islam Negeri Palopo.

Gayatri, Y. (2009). Cooperative Learning Tipe Team Game Tournaments (TGT) sebagai Alternatif Model Pembelaja-ran Biologi. Jurnal Didaktis, 8(3), 59–67.

Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembela-jaran Berbasis Pembelajaran Kooperatif. Magelang: Graha Cen-dekia.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Hikmah, Anwar, Y., & Riyanto. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Dunia Hewan Ke-las X di SMA Unggul Negeri 8 Pa-lembang. Jurnal Pembelajaran Bi-ologi, 5(1), 46–56.

Israwaty, I., Agustin, V. T., & Sarinikmah. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Hitung Cam-puran Melalui Model Pembelajaran Based Learning. Pinisi Journal PGSD, 1180–1190.

Laa, N., Hendri, W., & Rini, I. M. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap minat belajar siswa. Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 139–148.

M., St. Maryam., Ilmi, N., & Rusman AR, V. F. A. (2021). Penerapan Model Ex-plicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas. Journal of Education, 1(2), 76–92.

Nasruddin. (2016). Penerapan Metode TGT (Team Game Tournament) Mening-katkan Hasil Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Bandar Baru. Jurnal Sains Riset ISSN, 9(1), 56–68.

Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 147–166.

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar, 6(1), 13–21.

Ramadhanti, D. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe CIRC dalam Pem-belajaran Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti. Gramatika, 1(1), 27–42.

Raresik, A., Dibia, & Widiana. (2016). Analisis Faaktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Gugus VI. E-Journal PGSD Univer-sitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 1–11.

Rofiq, M. N. (2010). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Falasifa, 1(1), 1–14.

Shasliani, Hasan, K., & Annisa, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence dalam Meningkat-kan Kemampuan Menyusun Paragraf Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Journal of Education, 1(2), 221–238.

Shasliani, Saba’ Pasinggi, Y., & Mardiyah, A. (2021). Pengaruh Model Pem-belajaran Kooperatif Tipe Team As-sisted Individually (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pinisi Journal of Education, 1(1), 197–210.

Sinring, Abdullah, dkk. 2016. Panduan Penulisan Skripsi. Universitas Negeri Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120.

Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Ber-basis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1), 90–103.

Thalita, A. R., Andin, D. F., & Pupun, N. (2019). Penerapan Model Pembela-jaran TGT untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 147–156.

Umarti dan Hengki Wijaya. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: STT Jaffary.

Universitas Negeri Makassar. 2020. Pe-doman Penulisan Skripsi Program S1. Universitas Negeri Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Widayanti, W. L. (2013). Peningkatan Ak-tivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Ta-hun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35.

Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1), 87–93.

Ramli, A. (2018). Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe TGT pada Pembela-jaran Sains dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak di Kota Makassar. Pedagogik Journal of Islamic Ele-mentary School, 1(2), 193–206.

Yulia, Muslimin, & Afrah, N. (2021). Evaluasi Perkalian Dengan Metode Garis Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kota Parepare. Pinisi Journal of Education, 1(2), 118–123.

Yulia, Shasliani, & Isnawati. (2020). Pen-erapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Savi ( Somatic , Au-ditory , Visual dan Intellectualy ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV UPT SDN 106 Pinrang. Jurnal Publikasi Pen-didikan, 20(20), 1–9.

Yulia, Sultan, M. A., & Riyani, R. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 Pada tingkat Sekolah Dasar. Pinisi Journal of Education, 1(1), 231–238.


Article Metrics

Abstract view : 293 times | PDF view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks