Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Keragaman Dan Tempat Perayaan Hari Besar Berbagai Agama Kelas IV UPTD SD Negeri 120 Barru

Yulia Yulia(1*), Fajar Fajar(2), Sulfi Andriani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i2.37997

Abstract


Permasalahan pada penelitian ini yaitu hasil belajar siswa yang belum mencapai SKBM di kelas IV UPTD SD Negeri 120 Barru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar siswa tentang keragaman dan perayaan hari besar berbagai agama di kelas IV UPTD SD Negeri 120 Barru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, obervasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV UPTD SD Negeri 120 Barru sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Fokus penelitian meliputi fokus proses dan fokus hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian pada siklus I menunjukkan proses pembelajaran aktivitas guru berada pada kualifikasi cukup (C) sedangkan obervasi aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup (C). Sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran observasi aktivitas guru meningkat menjadi kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar juga meningkat menjadi kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa tentang keragaman perayaan hari besar berbagai agama di kelas IV UPTD SD Negeri 120 Barru.

 

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif; Two stay two stray, Proses belajar dan hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Rahmayanti Hasri, Abdul Hakim & Fajar. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Empat Di Kabupaten Sidrap. Pinisi Journal Of Education. 1(2).

Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Negeri Makassar Tahun 2019.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

WahyuningsihEndang. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.


Article Metrics

Abstract view : 36 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks