Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual

Hasnah Hasnah(1), Yonathan Saba' Pasinggi(2), Rieka Kartika Aulia Rakhmat(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i2.37809

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang belum mencapai SKBM di kelas V UPTD SD Negeri 56 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 56 Parepare yang berjumlah 31 orang siswa yang memiliki hasil belajar yang belum mencapai hasil SKBM. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analsis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe somatic, auditory, visual dan intellectual dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Azizah, N., Sujana Atep, & Isrok’atun. (2016). Penerapan Pendekatan Soma-tis Auditori Visual Intelektual Pada Materi Sumber Energi Bunyi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Carito, R. (2013). Penerapan Pendekatan Savi (Somatis Auditori Visual Intel-ektual) Untuk Meningkatkan Kreativ-itas Dalam Pembelajaran Matematika Volume Bangun Ruang., https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/960/0

Djamarah, S., B. & Aswan Zain. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hasan, K., Mukhlisa, N., & Lestari, A. (2020). Penerapan Model Somatic, Auditory, Visualization, Dan Intelectually (SAVI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 166.

Hasnah. (2012). Paradigma Pendidikan Masa Depan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(2).

Ilmi, N. (2021). Analisis Pragmatik Imperatif Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1).

Nurjanah. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dengan Menerapkan Metode Inkuiri Siswa Kelas V SD Negeri 68 Kec. Bacukiki Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(2). http://ojs.unm.ac.id/index.php/.

Pasinggi, Y. S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Melalui Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas III SDN 44 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(2), 111–118. http://ojs.unm.ac.id/index.php/

Peraturan Pemerintah. (2021). Peraturan Pemerintah RI No. 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Pertiwi, H. C., Refianti, R., & Rosalina, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatis, Auditori, Visual, Dan Intelektual) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri Karang Dapotahun Pelajaran 2016/2017.


Article Metrics

Abstract view : 99 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : [email protected]

Terindeks