Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bangun Datar Siswa Kelas IV UPTD SPF SD Negeri 29 Cenrana Kabupaten Soppeng

Abdul Hakim(1), Zaid Zainal(2), putri rahayu(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i2.37665

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas IV UPTD SPF SDN 29 Cenrana yang masih rendah dan belum mencapai SKBM. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar bangun datar siswa kelas IV UPTD SPF SDN 29 Cenrana Kabupaten Soppeng. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan  pendekatan kualitatif. Deskripsi fokus pada penelitian ini berupa proses dan hasil belajar. Pelaksanaan tindakan  dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri 1 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini yaitu guru (peneliti) dan  siswa kelas IV yang berjumlah 13 orang. Berdasarkan data hasil penelitian pada siklus I menunjukkan proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C) sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran meningkat menjadi kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Simpulan pada penelitian ini bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas IV UPTD SPF SDN 29 Cenrana Kabupaten Soppeng.

Kata kunci: pendekatan matematika realistik, hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Adhimah, Syifaul. 2020. Peran Orang Tua dalam Menghilangkan Rasa Canggung Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 9 (1).

Ahmadiyanto. 2016. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square pada Materi Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan di Indonesia Ke-las VIIIC SMP Negeri 1 Lampihong Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Vol. 6 (2).

Amalia, Jumra. 2014. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk mening-katkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SD Inpres Perumnas IV Kecamatan Rappocini Kota Ma-kassar. Tesis.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang NO 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Unaenah, Een, dkk. 2020. Teori Bruner pada Konsep Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol. 2 (2).

Habibi dan Suparman. 2020. Literasi Ma-tematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. Vol. 6 (1).

Hadi, Sutarto. 2017. Edisi Revisi Pendidikan Matematika Realistik Teori Pengem-bangan, dan Implementasinya. Jakarta: PT RajaGarfindo Persada.

Hernawan, Asep Herry, dkk. 2016. Pengem-bangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Holisin, Iis. 2016. Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. Vol. 5 (3).

Julie, Hongki. 2016. Karakteristik Intertwin-ing dalam Pendidikan Matematika Re-alistik di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. Vol. 25 (2)

Kurniawan, Budi, dkk. 2017. Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education. Vol 4 (2).

Maryam M, St, dkk. 2020. Application of the Realistic Mathematic Education Ap-proach to Improve Mathematics Learning Outcomes of Class V Stu-dents of UPT SDN 187 Pinrang. Pro-ceeding of The International Confer-ence on Science and Advanced Tech-nology (ICSAT).

Mu’alimin dan Rahmat Arofah Hari Cahyadi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Pasuruan: Ganding Pustaka.

Muin, Abdul dan Rizki Mauliya Ulfah. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Matemat-ika Siswa dengan Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Moodle. Jurnal Pythagoras. Vol. 7 (1).

Ningsih, Seri. 2014. Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembela-jaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM). Vol. 1 (2).

Pasinggi, Yonathan Saba dan Ritha Tuken. 2019. Penerapan Pembelajaran Ma-tematika Realistik Pada Penjumlahan Pecahan Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 28 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol. 9 (1).

Putrawangsa, Susilahudin. 2017. Desain Pembelajaran Matematika Realistik. Mataram: CV. Reka Karya Amerta.

Sinring, Abdullah, dkk. 2016. Panduan Penulisan Skripsi. Universitas Negeri Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Takari, R. Enjah. 2020. Penelitian Tindakan Kelas pada Kegiatan Pengembangan Profesi Guru IPA SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK. Bandung: PT Ga-nesindo.

Thaib, M. Razali dan Irman Siswanto. 2015. Inovasi Kurikulum dalam Pengem-bangan Pendidikan. Jurnal Edukasi. Vol. 1(2).

Umarti dan Hengki Wijaya. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: STT Jaffary.

Universitas Negeri Makassar. 2020. Pedoman Penulisan Skripsi Program S1. Universitas Negeri Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendekatan Ma-tematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zainal, Zaid. 2017. Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 17 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol. 7 (1).


Article Metrics

Abstract view : 164 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks