Penerapan Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 12 Tanrutedong Kabupaten Sidrap

Hasnah Hasnah(1*), Muhammad Asrul Sultan(2), Resky Mutiara Sunandar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i2.37631

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa di kelas IV UPT SD Negeri 12 Tanrutedong Kabupaten Sidrap. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV UPT SD Negeri 12 Tanrutedong Kabupaten Sidrap tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 8 orang siswa terdiri 6 laki-laki dan 2 perempuan, serta seorang guru. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah fokus proses dan fokus hasil meningkatkan keterampilan siswa dengan menerapkan metode pembelajaran role playing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang di olah secara kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I aktivitas guru dan siswa berada pada kategori Cukup (C) dan hasil keterampilan berbicara berada pada kategori cukup (C). Siklus II akttivitas guru dan siswa berada pada kategori Baik (B) dan hasil keterampilan berbicara berada pada kategori baik (B). Simpulan pada penelitian ini bahwa proses dan keterampilan berbicara siswa pada muatan pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV UPT SD Negeri 12 Tanrutedong Kabupaten Sidrap dengan menerapkan metode pembelajaran role playing mengalami peningkatan.

Kata kunci: keterampilan berbicara; metode role playing

Full Text:

PDF

References


Ayuningtiyas, V. (2013). Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Upaya Menumbuhkembangkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini Di TK Bhayangkari 17 Cimahi. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(2), 48–55.

Budiyanto, D. H. M. A. K. (2016). Sintak 45 Model Pembelajaran dalam Student Centerd Learning (SCL).

Darmuki, A., & Ahmad, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa Pbsi Tingkat I-B Ikip Pgri Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(2), 256–267.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis (A. Syaddad (ed.).

Dosen Metodologi Penelitian Fakultas Ilmu Pendidikan. (2020). Pedoman Penulisan Skripsi Program S1. Universitas Negeri Makassar.

Ernani, & Syarifuddin, A. (2016). Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 31–32.

Farhana, H., Awiria, & Nurul, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas.

Gereda. A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia.

Halik, A., & Ilmi, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Survey , Question , Read , Re- flect , Recite , Review ( SQ4R ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(C), 1–6.

Hasnah. (2015). Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IV SDN 118 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, V(3), 180.

Hilaliyah, T. (2017). Tes Keterampilan Berbicara Siswa Dalam Pembelajaran. Jurnal Membaca (Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1), 83.

Hilmi, M. (2018). Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak dan Kecerdasan Sosialnya. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 138–144.

Husna, Anis Rosidatul. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN 1 Sripendowo Ketapang Lampung Selatan Dalam Pembelajaran Tematik. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Ilham, M., & Iva, A.W. (2020). Keterampilan Berbicara.

Mabruri, Z. K., & Ferry, A. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Melalui Penerapan Strategi Role Playing Sd N Ploso 1 Pacitan. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 112–117.

Maesaroh, S. (1970). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168.

Melasarianti, L. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Debat Plus Pada Mata Kuliah Berbicara. Jurnal Ilmiah Lingua Idea, 9(1), 25.

Mukrimaa, S. S. (2014). 53 Metode Belajar Pembelajaran. 212.

Nurhasanah, I. A., Atep, S., & Ali, S. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 611–620.

Nuraida, R. (2013). Efektivitas Metode Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Posing Menggunakan Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Ekonomi.

Nurdyansyah, & Eni, F. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.

Padmawati, K. D., Ni, W. A., & Kadek, Y. (2019). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 190–200.

Pane, A., & Muhammad, D. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333.

Permana, E. P. (2015). Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133–140.

Priatna, A., & Ghea, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(2), 71–76.

Sa’diyah, H. (2018). Bermain Peran (Role Playing) dalam Pembelajaran Maharah Al-Kalam di PKPBA UIN Maliki Malang. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 1–29.

Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (pp. 141–142).

Salim, Isran, R. K.-K. S., & Haidir. (2015). Penelitian Tindakan Kelas.

Sasomo, B. (2015). Pendekatan Saintifik dengan Metode Role Playing Mempermudah Penilaian Individu Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1, 1–10.

Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, Alasan, dan Tujuan Berbicara (Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa). Jurnal Pena, 3(1), 76.

Sha’adhah, Z., Hobri, & Toto, B. S. (2013). Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) untuk Mengurangi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII A SMPN 1 Sukowonoso Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, 4(2), 27–38.

Sultan, M. A., & Rosdiah, Salam, D. B. I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(3), 211.

Tana. (2016). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas I Melalui Penggunaan Media Gambar Seri. Jurnal Kependidikan, 2(1), 74.

Tuken, R. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Di Kelas Vi Sdn Iv Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, 6(2), 125.

Universitas Negeri Makassar. 2020. Pe-domana Penulisan Skripsi Program S1. Universitas Negeri Makassar. Fakultas Ilmu Pendidikan.

Wabdaron, D. Y., & Yansen, A. R. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Sekolah Dasar Manokwari Papua Barat. Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 27–36.


Article Metrics

Abstract view : 223 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks