Peningkatan Hasil Belajar Membaca Permulaan Siswa Menggunakan Media Kartu Huruf Kelas II SD

Muhammad Asrul Sultan(1), Nur Ilmi(2*), Nur Amelia(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i2.36608

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar asal siswa yang belum mencapai SKBM di kelas II SD Negeri 9/25 Bantimurung, Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru dan siswa kelas II SD Negeri 9/25 Bantimurung yang mengumpulkan 18 orang siswa yang memiliki hasil belajar membaca permulaan yang belum mencapai hasil SKBM. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan atau pengumpulan data.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan proses dan hasil belajar membaca permulaan siswa.


Keywords


kartu huruf, membaca permulaan

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Djajadi, M. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). CV Arti Bumi Intaran.

Djamarah, & Zain. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Jamilah, J. (2019). Pemanfaatan Media Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Ketrampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDN Ajung 02 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 19(2).

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Mahmudah, F. N. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif Manajemen Pendidikan Berbantuan Software Atlas. Ti Versi 8. UAD PRESS.

Mu’alimin, & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Ganding Pustaka.

Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan abjad pada anak usia dini melalui media kartu huruf. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51–66.

Retnaningrum, W., & Lathifah, I. (2020). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal Warna, 4(1), 65–77.

Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 4(1), 100–106.

Yusuf, M. (2018). Pengantar ilmu pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 211 times | PDF view : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks