Analisis Kesiapan Guru dalam Mengajar Daring di UPTD SD Negeri 145 Barru

Natriana Syam(1*), Nurul Nurul Mukhlisa2, Delfy Sintah3(2), Delfy Sintah(3),

(1) UNM
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v1i1.33497

Abstract


: The implementation of online learning is an alternative that can be done to carry out learning during the Covid-19 pandemic. This is because online learning can be applied to distance learning without direct face-to-face. The purpose of the study was to determine the readiness of teachers to teach online during the Covid-19 pandemic at UPTD SD Negeri 145 Barru. The type and research approach used is qualitative research with a descriptive approach. The subjects of this study were all teachers at the UPTD SD Negeri 145 Barru which was the main subject of 7 people. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data condensation, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study describe the readiness of teachers in online teaching, namely self-efficacy communication has been fulfilled, institutional support has been sufficient, and self-directed learning has been sufficient.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. 2020. Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Research and Development Of Education, 1(1), 131–146.

Al-Tabani, T. I. B. 2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana.

Anggito, A., & Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Ayudia, Suryanto, E., & Waluyo, B. 2016. Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia Dalam Laporan Hasil Observasi Pada Siswa SMP. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 4(1), 34–49.

Dahliani, A., Sultan, M. A., & Mukhlisa, N. 2021. Analisis Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus Sekolah Dasar di Kabupaten Barru. Journal Of Education, 1(1), 254.

Erniwati, Anas, M., & Dkk. 2021. Edukasi dan Pelatihan Terbimbing Bagi Guru Mengenai Pembelajaran Secara Daring Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19. Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 459–462.

Erviana, V. Y. 2021. Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik-Integratif pada Kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 459–462.

Halimatussakdiah. 2018. Keteladanan Guru dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa di MIS Madinatussalam Kecamatan Percut SEI Tuan Kabupaten Deli Serdang. Medan: Universitas Islam Negeri.

Hety, A. F. L. 2020. Kesiapan Guru dalam Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) di SD Negeri Ngipik Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Hidayanti, N. 2015. Analisis Kesiapan Guru Bahasa Jepang dalam Menerapkan Kurikulum 2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Isman, M. 2016. Pembelajaran Moda Dalam Jaringan. Jurnal Research in Humanities and Social, 978-602–36, 586–588.

Jamal, S. 2020. Analisis Kesiapan Pembelajaran E-learning Saat Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Tambelangan. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 16–22.

Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. 2020. Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa pandemi Covid 19 di Provinsi Lampung. Jurnal Idaarah, IV(2), 200–209.

Lestari, W. 2021. Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 di Kelas VI Sekolah Dasar. Jambi: Universitas Jambi.

Marlinda, P. 2012. Pemahaman dan Kesiapan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ovan, & Saputra, A. 2020. CAMI Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Pane, A., & Dasopang, M. D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Pohan, A. E. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.

Prabowo, A. S., Conia, P. D. D., Afiati, E., Handoyo, A. W., Rahmawati, Muhibah, S., Rochani, Sholih, Khairun, D. Y., Dalimunthae, R. Z., Wibowo, B. Y., & Nurmala, M. D. 2020. Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Ditengah Wabah Covid-19. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 9–12.

Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. 2020. Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Primary Education, 1(2), 297–302.

Rigianti, H. A. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementery School, 7(2), 297–302.

Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-learning. Jurnal Ummul Qura, VI(2), 20–35.

Setiawan, A., & Sulistiani, I. R. 2019. Pendidikan Nilai Budaya dan Karakter dalam Pembelajaran Matematika Dasar pada SD/MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 181–188.

Simorangkir, M. R. R. 2019. Peran Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pendidik Dalam Menumbuhkan Self-Efficacy. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(3), 181–184.

Sobron, Bayu, Rani, & S, M. 2019. Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Seminar Nasional Sains Dan Enterpreneurship, 978-602–99, 1–5.

Syam, N., & Ramlah. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Penge-tahuan Sosial Siswa Kela IV SDN 54 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 2088-2092, 184-185.

Umrati, & Wijaya, H. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologis Jaffray.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, (2003).

Widyastuti, L., Iswara, P. D. I., & Isrok’atun. 2017. Penerapan Metode Pantau, Pangkas, Padukan, Panggil (4P) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Dalam Meringkas Cerita. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 91–100.

Wulandari, H. 2017. Optimalisasi E-learning Dengan Menggunakan Metode Flipped Classroom. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan, 978-602–50, 223–229.

Yerusalem, M. R., Rochim, A. F., & Martono, K. T. 2015. Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(4), 481–492.

Zulfitria, Ansharullah, & Fadhillah, R. 2020. Penggunaan Teknologi dan Internet Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan, 2745–6080, 1–5.


Article Metrics

Abstract view : 126 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Juara SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar






Published by:

Program Studi PGSD UPP Parepare

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Kampus V Parepare UNM: Jln. Jenderal Sudirman, No. 56 Kota Parepare Sulawesi Selatan

Email : juarajurnal@gmail.com

Terindeks