Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Di Kelas V SDN 1 Kalukubula

Fatmawati Fatmawati(1*),

(1) SDN 1 Kalukubula
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i3.59959

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dikelas V SDN 1 Kalukubula, Bentuk Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : (1) Perencanaan., (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Kalukubula yang berjumlah 28 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada hasil yang diberikan pada siklus I dimana diperoleh daya serap klasikal 42,85% dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 51,42% dan pada siklus II diperoleh daya serap klasikal sebesar 100% dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 82,85%. Berdasarkan indikator kinerja penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran koopertif tipe Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Model Pembelajaran Project Based Learning; Hasil Belajar Siswa; Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya.

Full Text:

PDF

References


Attalina, S. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada mata kuliah pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sekolah dasar di Unisnu Jepara. Pendidikan Guru Sekolah Dasar,FTIK,Unisnu Jepara, 2.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: ALFABETA. Baharuddin. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA. Depdiknas. (2004). Pedoman Penilaian Hasil Belajar. jakarta: Direktorat Pendidikan

Lanjutan Pertama.

Fathurrohman, M. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: KALIMEDIA.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Majid, Abdul & Chaerul Rochman. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mudjiono, D. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, PPLPTK.

Mudjiono, D. d. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdikbud, Dirjen Dikti, PPLPTK.

Muslich, M. (2009). Melaksanakan PTK itu Mudah (Clasroom Action Research) Pedoman Praktii bagi Guru Profesional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nugraha, A. R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas 5 SD. PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, 10.

Sagala. (2010). Pengertian hasil belajar menurut para ahli. Retrieved November 27, 2019, from http://sagala.blogspot.com/2010/01/04/pengertian-hasil-belajar- menurut-para-ahli

Soehardjo. (2005). Pendidikan Seni dari Konsep sampai Program. Malang: Balai Kajian Seni dan Desain.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Surya, A. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. FKIP PGSD Universitas Kristen Satya Wacana, 3

Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. YOGYAKARTA: Diva Press.

Tukiran Taniredja, Irma Pujiati, Nyata. (2013). PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK PENGEMBANGAN GURU Praktik, Praktis, dan Mudah. Bandung: Alfabeta.

Wahidmurni, Alifin M, dan Ali,R. (2010). Evaluasi Pembelajaran:kompetensi dan praktik. Yogyakarta: Nuha Letera

Warsono. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wena, M. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats