Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Menggunakan Model Think Pair Share (TPS)

Iin Hendriani Darwis(1*), Rahmawati Patta(2), Hasmawati Hasmawati(3),

(1) Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN 364 Labokke Puty
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i4.57904

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKN melalui model Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas IV SDN 364 Labokke Puty. Metode analisis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan analisis data statistic deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan model pembelajaran think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 364 Labokke Puty dengan nilai rata-rata hasil belajar PKN pada siklus I yaitu 59.64 dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 81.07. Jumlah siswa yang memenuhi KKM juga mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 6 siswa (42.86%) menjadi 12 siswa (85.71%) pada siklus II.


Keywords


Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar PKN

Full Text:

PDF

References


Abdi, M., & Hasanuddin, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 99. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.4778

Arikunto, Suharsimi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Hamzah, A. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Batu: Literasi Nusantara

Irianto, P. O. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Padang 2(November).

Kurniasari, E. F., & Setyaningtyas, E. W. (2017). Peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) dengan teknik gallery walk. Journal of Education Research and Evaluation, 1(2), 120-127.

Lickona, T. (1991). Mendidik Untuk Membentuk Karakter. A Bantam Books, 14, 72–73.

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333

Supomo, W. E. (2018). Pengaruh Model Think-Pair-Share (Tps) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas Vii Smp Kartika Iv 8 Malang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 19(1), 89–99.

Yousif, N., Cole, J., Rothwell, J. C., Diedrichsen, J., Zelik, K. E., Winstein, C. J., Kay, D. B., Wijesinghe, R., Protti, D. A., Camp, A. J., Quinlan, E., Jacobs, J. V, Henry, S. M., Horak, F. B., Jacobs, J. V, Fraser, L.E., Mansfield, A., Harris, L. R., Merino, D. M., … Dublin, C. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Journal of Physical Therapy Science, 9(1), 1–11. http://dx.doi.org/10.1016/j.neuropsychologia.2015.07.010http://dx.doi.org/10.1016/j.visres.2014.07.001 https://doi.org/10.1016/j.humov.2018.08.006http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24582474https://doi. org/10.1016/j.gaitpost.2018.12.007https://doi.org/

Zain, B. P., & Ahmad, R. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126.

http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1347


Article Metrics

Abstract view : 17 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats