PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA Kelas V UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II Kota Makassar

Andi Mutmainna Salsabila(1*), Amri Amal(2), Ismayanti Ibrahim(3),

(1) Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPD SDN Parang Tambung II
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i4.57903

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan model pembelajaran PBL pada proses pembelajaran muatan IPS, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada muatan IPS setelah pelaksanaan model PBL. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksprimen.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, pemberian tes yang berupa pretest dan posttes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL pada lembar observasi guru mengalami peningkatan dari pertemuan pertama dengan kategori baik dan pertemuan kedua dengan kategori sangat baik. Adapun penerapan model pembelajaran PBL pada lembar observasi peserta didik juga mengalami peningkatan dari pertemuan pertama dengan kategori baik dan pertemuan kedua dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil pretest pada kelas eksperimen menunjukkan kategori kurang baik dan hasil posttest menunjukkan kategori sangat baik. Sementara pada hasil pretest kelas kontrol menunjukkan kategori kurang baik dan hasil posttes menunjukkan kategori kurang baik. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh P= 0,000 lebih kecil dari α= 0,05. Hasil penelitian dengan menggunakan Uji normalitas dengan uji Shapiro-wilk Normality Test dengan data posttes berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dengan data posttes kelas kontrol dan eksperimen terdapat pengaruh hasil belajar IPS. Hal ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II kota Makassar menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan PBL pada kelas eksperimen tergolong meningkat, hasil belajar IPS peserta didik kelas eksperimen tergolong sangat tinggi dan, terdapat pengaruh yang signifkan pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL terhadap penggunan model PBL pada pembelajaran IPS peserta didik kelas V UPT SPF SD Negeri Parang Tambung II Kota Makassar.


Keywords


Problem based learning; hasil belajar; IPS

Full Text:

PDF

References


Darmayanti, K. A., Dantes, N., & Parmiti, D. P. (2017). Pengaruh Model PBL Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Kovariabel Kemampuan Numerik Pada Peserta Didik Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1-10.

Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Erlangga: Jakarta

Herawati, H., and H. Santoso. (2011). Tropical forest susceptibility to and risk of fire under changing climate: A review of fire nature, policy and institutions in Indonesia. Forest Policy and Economics, 13 (4), 227 – 233.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA ( The Programme For International Student Assesment ): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini ). Jurnal Golden Age, 04(1), 30–4

Mahasin Aswab Muhammad., Winarni Retno., Purwatiningsih Ary. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe problem based learning (PBL) Dengan Tipe Students Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Ips Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Indonesia,2(10), 1716-1727.

Melindawati, S., & Oktavianti, F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif PBL Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta didik di Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL RISET Pendidikan Dasar Dan Karakter, 2(2), 1–15

Monika., & Adman., (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran. 2(2), 219-226.

Nur, M. (2011). Model pembelajaran berdasarkan masalah, Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA

Rahmat, F. L. A., Suwatno, S., & Rasto, R. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta didik Melalui problem based learning (PBL): Meta Analisis. Jurnal MANAJERIAL, 17(2), 239. Https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.11783

Redhana, I Wayan & Simamora Maruli, (2007). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan LKM Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Lembaga Penelitian Universitas Pendidikan Ganesha.

Ulfia, T., & Irwandani, I. (2019). Model Pembelajaran Kooperative Tipe problem based learning (PBL): Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 140–149. Https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.422

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Alfabeta CV.


Article Metrics

Abstract view : 7 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats